Headline News

header-int

Masyarakat Taratak Tangah bangun jaringan irigasi untuk menghidupkan ekonomi keluarga

Kamis, 20 Juni 2019, 14:56:32 WIB - 206 | Kontributor : M. Joni, S.H
Masyarakat Taratak Tangah  bangun jaringan irigasi untuk menghidupkan ekonomi keluarga

Pesisir Selatan,20 Juni 2019- Masyarakat Nagari Taratak Tangah Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel, saat ini tengah melaksanakan pembangunan parit miring jaringan irigasi yang mampu mengairi lahan persawahan masyarakat seluas 50 hektar, sedangkan sumber dananya melalui dana desa 2019 sebesar Rp 141 juta , kata Wali nagari Dewell Coli vetra dinagari setempat, Rabu ( 19/6).

Pembangunan parit miring tali bandar jaringan irigasi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pengadaan air sawah, selama ini menjadi keluhan masyarakat sulitnya nuntuk mendapatkan air sebagai kebutuhan tanaman padi, melalui pembangunan jaringan irigasi ini akan mampu mengatasi keluhan masyarakat dalam upaya meningkatkan hasil produksi padi sawah.

Menurutnya, masyarakat nagari Taratak Tangah Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel, mayoritas sumber pendapatannya berasal dari hasil pertanian dan sektor perkebunan, dengan adanya pembangunan parit miring ini, setidaknya ancaman banjir yang ditakuti oleh masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap hasil produksi pertanian dapat ditekan, kemudian pengadaan air sawah tidak lagi tersendat- sendat.

"Masyarakat nagari Taratak Tangah, kini merasa lega dengan adanya pembangunan jaringan irigasi tersebut,kendala keurangan air tidak lagi bakal terjadi,kemudian hasil produksi padi akan meningkat dan ekonomi masyarakat akan semakin membaik," katanya.

Sebagai tambahan penghasilan masyarakat di nagari tersebut, masyarakat tidak saja menggarap lahan untuk tanaman padi, namun diselingi dengan mina padi( pengembangan ikan) pada lahan yang sudah ditanam padi, maka pengadaan air sawah salah satu kebutuhan masyarakat tidak bisa dielakan.

Salah seorang masyarakat Taratak Tangah lumpo, Diah mengakui, kegiatan usaha mina padi kini semakin diminati oleh masyarakat, terbukti animo masyarakat terus meningkat dalam mengembangkan usaha beternak ikan dalam padi sawah artinya, masyarakat dapat menikmati hasil produksi ganda yaitu,padi sawah dan hasil produksi ikan air tawar ( 10).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube