Headline News

header-int

Melalui Dana Tanggap Darurat, PSDA Pessel normalisasi sungai Batang Tapan

Selasa, 23 April 2019, 18:33:54 WIB - 286 | Kontributor : Mario Rosy
Melalui Dana Tanggap Darurat, PSDA Pessel normalisasi sungai Batang Tapan

Pesisir Selatan - Melalui Dana Tanggap Darurat Kabupaten Pesisir Selatan serta Dana Tanggap Darurat Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA) Pessel melakukan normalisasi sungai Batang Tapan, Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 ini. Selasa (23/4).

Dana TDR Kabupaten dan Provinsi total Rp.700 juta akan digunakan untuk normalisasi sungai.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA) Pessel Doni Guzrizal membenarkan bahwa PSDA Pessel akan melakukan normalisasi sungai Batang Tapan, yang mana kondisi memang segera dilakukan normalisasi, karena setiap musim penghujan tiba sungai batang tapan ini selalu meluap hingga ke pemukiman warga.

" Dana 700 juta, setengah dari dana TDR Kabupaten dan setengah lagi dari TDR Provinsi," terang Doni, ketika dihubungi. 

Doni mengatakan, normalisasi sungai batang tapan nantinya akan dipasang bronjong sungai, yang kondisi memang perlu dipasang bronjong. Dan, dengan pemasangan bronjong ini bisa meminimalisir luapan sungai batang tapan.

Saat ini kita sudah siapkan bronjong tersebut, dan nantinya kita akan pasang di lokasi sungai batang tapan. Ujar Dirinya.

Sementara itu Sekretaris Nagari Binjai Tapan Almirizon ketika dikonfirmasi bahwa kondisi sungai Batang Tapan di wilayahnya memang perlu dilakukan normalisasi secepatnya, karena puluhah kepala rumah tangga bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai Batang Tapan.

" Banjir sering terjadi dan merendam puluhan rumah, hal itu disebabkan luapan sungai batang Tapan. Jadi, diharapkan bisa segera dipasang bronjong, apalagi musim penghujan sudah mulai turun," kata Almirizon. (01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube