Headline News

header-int

Melihat Keindahan Air Terjun Koto Panjang Tarusan Yang Menampilkan Sensasi Unik

Rabu, 11 Sep 2019, 08:05:11 WIB - 5 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Melihat Keindahan Air Terjun Koto Panjang Tarusan Yang Menampilkan Sensasi Unik

Pesisir Selatan-- Selain Kawasan Mandeh yang menjadi andalan di Kecamatan Koto IX Tarusan Kawasan Wisata bahari masih ada beberapa kawasan lainnya yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata baru dan menjadi penyanggah Kawasan Mandeh.

Salah satunya adalah Air Terjun yang terletak di Kenagarian Koto Panjang Kenagarian Barung Barung Belantai Timur, objek wisata ini masih alami sangat potensial untuk bisa dikembangkan menjadi wisata alam, Camping dan wisata agro.

Dengan memakan waktu 2 jam lebih, menyeberangi beberapa anak sungai, mendaki perbukitan yang sedikit curam dan licin serta hutan lindung yang masih alami menjadikan perjalanan menuju kawasan ini memiliki sedikit sensasi.

Bahkan selama dalam perjalanan kita, ada ladang durian, gambir menjadi pemandangan tersendiri. Mungkin perjalanan menuju ke Kawasan Air Terjun ini tentu lebih nikmat pada musim durian. Kita akan bisa menikmati perjalanan sekaligus menikmati manisnya durian Koto Panjang yang memang menjadi potensi andalan nagari ini .

Gambaran air terjun itu sungguh menakjubkan, dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter, air yang jatuh dari puncak tidak langsung sampai kelubukyang berada persis dibawah namun jtuh kebebatuan bebatuan sehingga menimbulkan percikan air yang mana akan mengenai kita walaupun kita berdiri sekitar 20 mter dari lokasi.Sambil mengabdikan keindahan air terjun ini dengan berfoto bersama maupun berselfi, tak satupun dari rombongan yang tidak berendam untuk menikmati sejuknya air pergunungan yang masih asli tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, Selasa (10/9), mengungkapkan dirinya sudah melakukan perjalanan keberapa destinasi yang ada di beberapa kenagarian di Tarusan ini, sengaja dilakukan dengan tujuan untuk menggali potensi-potensi pariwisata yang ada di Tarusan untuk menjadi penyangga Kawasan Mandeh. Dalam artinya di Kecamatan Tarusan tidak saja memiliki potensi wisata Bahari saja namun juga memiliki potensi wisata alam lainnya seperti wisata alam, agro dan air terjun yang keindahannya sangat menakjubkan.

Menurut Hadi Kawasan air Terjun Koto Panjang ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, selain wisata alam barupa air terjun juga bisa dikembangkan wisata agro, paket wisata panen durian, menunggui durian jatuh diladang masyarakat bisa dibuat  sebab sebelum sampai kelokasi kita akan disambut dengan ratusan pohon durian milik masyarakat.

"Mungkin kedepannya wisata ini bisa dikembangkan, wisatawan bisa memiliki banyak artenatif ketika berkunjung ke Tarusan, selain menikmati wisata bahari mereka juga menikmati wisata alam lainnya sambil menikmati buah durian yang terkenal dengan keleatannya itu," ujarnya 

Lebih lanjut ditambahkannya Kawasan air terjun koto Panjang butuh beberapa kelengkapan saran dan prasarana , salah satunya akses kelokasi perlu lebih dibuka,sehingga ketika wisatawan ingin kelokasi tidak terlalu sulit,kendati begitu kesan alami harus terus dipertahankan sehingga wisata alam angro masih terus melekat.Selain untuk wisata dengan berjalan kaki, mengunakan sepeda gunung menjadi medan yang cukup menantang dilakukn dilokasi ini.(07)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube