Headline News

header-int

Mesin Chooper Olah Limbah menjadi Pakan

Rabu, 15 Mei 2019, 09:13:50 WIB - 89 | Verifikator : Tim Verifikator
Mesin Chooper Olah Limbah menjadi Pakan

Painan, - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serahkan 3 (tiga) unit mesin Chooper kepada 3 (tiga) kelompok ternak yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (6/05).

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Kepala Bidang Bina Usaha Kelembagaan dan Pengelolaan Hasil Peternakan Rizondra, S. Pt, M. Si kepada ketua kelompok.

Rizondra ketika dihubungi membenarkan telah menyerahkan bantuan mesin pemotong bahan pakan ternak.

“Sebanyak 3 (tiga) unit mesin Chooper telah kita diberikan kepada 3 (tiga) kelompok ternak yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, adapun kelompok ternak yang mendapatkan bantuan mesin Chooper tersebut adalah Kelompok Ternak Padang Dama II Koto Baru Kecamatan Bayang, Kelompok Ternak Sumber Lestari Sungai Sariak Kecamatan Silaut dan Kelompok Ternak Karya Tunas Muda Lunang Barat Kecamatan Lunang,” Ungkapnya, Selasa (14/05).

Rizondra menambahkan pemberian bantuan mesin pemotong bahan pakan (Chooper) sangat membantu peternak sehingga peternak bisa memanfaatkan limbah pelepah sawit untuk dijadikan pakan ternak yang selama ini sulit untuk dimanfaatkan menjadi pakan ternak.

“Dengan adanya alat ini, kita jadi bisa memanfaatkan limbah pelepah sawit untuk dijadikan pakan ternak, selain rumput, setelah dilakukan uji coba ternyata pakan tersebut sangat disukai oleh sapi “ katanya

Dengan adanyan pemberian bantuan mesin Chooper ini diharapkan dapat membantu peternak untuk mengolah pakan alternatif ternak seperti pelepah sawit, tongkol jagung dan rumput unggul sehingga dihasilkan ternak sapi yang sehat, gemuk dan meningkatnya populasi ternak.

“Mudah-mudahnya dengan adanya bantuan ini, peternak jadi lebih banyak memiliki varian jenis pakan yang akan diberikan kepada ternak, sehingga akan meningkatkan produktifitas hasil ternak kita,” Harapnya.

Kontributor : - Author Resmi Pemerintah Kab. Pesisir Selatan

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan [removed][removed]
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube