Headline News

header-int

Murid MDTA masjid Akbar Baiturrahman Painan diwisuda

Selasa, 01 Mei 2018, 15:46:59 WIB - 986 | Kontributor : M. Joni, S.H
Murid MDTA masjid Akbar Baiturrahman Painan  diwisuda

Painan,1 Mai 2018- Sebanyak 101 orang murid Madrasyah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) masjid Akbar Baiturrahman Painan mengikuti wisuda Tahfizh Alquran perdana 2018 oleh kepala sekolah beserta majilis guru yang mengajar,mereka yang diwisuda tersebut merupakan murid terbaik hafal Alquran 1 juz sampai dengan 2,5 Juz, kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid tersebut,Minggu (01/5).

Salah seorang guru MDTA Masjid Akbar Baiturrahman Painan Hj Musni Udin mengatakan,para santri yang diwisuda tersebut telah mampu menyelesaikan pendidikan hafal Alquran dengan baik, bahkan mereka tersebut mampu dalam tiga bahasa yaitu, bahasa arab, indonesia dan bahasa inggris,terbukti sebelum kegiatan wisuda dilakukan, anak didik yang berprestasi tersebut tampil dengan tiga bahasa dalam menterjemahkan ilmu Al Quran di hadapan peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan wisuda ini dilakukan untuk mengevaluasi kurikulum Kemenag provinsi Sumbar, kemudian untuk memotivasi agar tradisi membaca dan hafal Quran perlu ditanamkan pada anak usia dini, sedangkan murid MDTA ini berasal dari murid TK dan Sekolah Dasar ( SD), mereka dibekali berbagai ilmu agama antara lain, Alquran, Hadist,Fiqih,SKI, Aqidah,Akhalak,Bahasa Arab dan bahasa ingris.

Pendidikan yang diterapkan kepada murid tersebut dalam upaya mendukung gerakan pembangunan, terutama pembangunan dalam bidang pendidikan agar para anak didik bisa tampil handal,cerdas,inovatif dan kreatif, dengan harapan mereka tersebut akan menjadi orang yang berguna dan tepat guna bagi bangsa dan negara yang berlandaskan iman dan taqwa, apalagi mereka tersebut sebagai calon pemimpin yang baik dimasa mendatang.

Kondisi saat ini MDTA Masjid Akbar Baiturrahman Painan terus berupaya memacu khuwalitas pendidikan dengan murid saat ini sebanyak 165 orang dengan tenaga pendidik sebanyak 7 orang, enam orang mengajar dibidang agama dan 1 orang bahasa inggris, termasuk kepala sekolahnya Dedi Afdal LC,M UD ahli hadis lulusan dari Mesir .

Hj Musni Udin menilai, kebaradaan MDTA Painan ini cukup dapat dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat dalam mendidik anak dengan berbagai ilmu agama, bahkan tingginya animo masyarakat untuk menyerahkan anaknya belajar di sekolah ini, pihak sekolah berterima kasih kepada para donator yang telah bertisipasi menyumbangkan bantuan, termasuk terselenggaranya wisuda Tahfizh Alquran yang pertama ini.

Kepala Kemenag Pessel H Malikia mengatakan, anak yang memahami ilmu agama bakal terhindar dari berbagai perbuatan negatif, pasalnya mereka bisa memilah perbuatan baik dan buruknya dan sangat berguna bagi mereka dalam mengisi kehidupan ini.

Kepala Sekolah MDTA Masjid Akbar Baiturahman Painan Dedi Afdal mengajak masyarakat untuk dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk menunutut ilmu agama, keberhasilan anak dalam menjalani proses pendidikan agama merupakan suatu kebanggaan yang sangat tinggi nilainya, dengan tertanamnya ilmu agama bagi anak usia dini, setidaknya mereka akan tumbuh menjadi orang baik dimasa mendatang.

Sementara itu, salah seorang wali murid peserta wisuda terbaik MDTA masjid Akbar Baiturrahman Drs Suardi S mengatakan,pihaknya mengajak peserta yang hadir untuk tetap selalu melakukan pengawasan terhadap anak agar mereka terhindar dari perbutan negatif yang merugikan, seperti membiarkan anak leluasa main game dan lainnya, hal ini jelas akan membuat anak menjadi malas untuk belajar di sekolah (10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube