Headline News

header-int

Nagari Barung Barung Belantai Selatan Miliki Potensi Melimpah

Selasa, 24 Maret 2020, 09:59:54 WIB - 22 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Nagari Barung Barung Belantai Selatan Miliki Potensi Melimpah

Pesisir Selatan -- Kenagarian Barung Barung Belantai Selatan (BBBS) Kecamatan Koto XI Tarusan yang merupakan nagari pemekaran tahun 2009 dari Nagari Barung Barung Belantai memiliki potensi pertanian yang sangat besar seperti tanaman, durian, gambir, pala, cengkeh, karet dan kakao

Walinagari BBBS Tomi Rama Putra Selasa (24/3) mengungkapkan salah satu potensi yang begitu melimpah itu adalah durian. Melimpahnya potensi ini bisa dilihat di sepanjang jalan raya Padang-Painan dengan banyaknya pedagang durian berjejeran. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang datang berkunjung ke Pesisir Selatan, mereka pasti singgah untuk sekedar mencicipi rasa buah durian yang terkenal enak dan lezat.

"Para pembeli itu bisa memakan langsung buah durian tersebut sebab sebagian penjual menyediakan tempat duduk untuk para pembeli ditemani makanan kecil pendampingnya berupa ketan dan sekedar air putih," ujarnya

Selanjutnya kakao yang juga banyak tumbuh di nagari ini , juga dikembangkan menjadi usaha ekonomi kreatif bagi kelompok wanita. Anggota kelompok masyarakat ini diberikan pelatihan terkait pengelolaan tanaman kakao menjadi ekonomi kreatif sehingga hasil tanaman  kakao bisa langsung diolah oleh kelompok sehingga mampu menambah ekonomi bagi keluarga.

Diterangkannya, luas wilayah nagari ini sekitar 15,52 km dan  50% luas wilayahnya ditanami pohon durian, karet, gambir, pinang, kakao dan tanaman lainnya. Sedangkan jumlah penduduk 1.894 jiwa dengan jumlah kepala keluarga (KK) 456 KK.

 "Kita ingin sekali potensi yang melimpah ini bisa dimanfaatkan oleh warga untuk diolah menjadi makanan yang memiliki nilai jual lebih, karena itulah kenagarian proaktif terus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat,"ujarnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube