Headline News

header-int

Nagari Batu Hampar Bangun Pamsimas Buat Masyarakat

Kamis, 10 Januari 2019, 06:46:26 WIB - 448 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Pesisir Selatan 10/1/2019--Nagari Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel saat ini tengah dikerjakan pembangunan pengadaan air bersih berbasis masyarakat (Pamsimas) guna memenuhi kebutuhan air bersih buat masyarakat. 

 Walinagari Rino Rahma Putra mengungkapkan Program Pamsimas ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga,kemudian masyarakat tidak lagi memafaatkan sumber air yang tercemar untuk komsumsi, mencuci dan mandi. 

Dimana selama ini masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang pentingnya kesehatan. Dengan adanya sumber air bersih melalui program pemerintah ini, setidaknya dapat membantu masyarakat nagari terhindar dari berbagai penyakit.

Menurutnya,pelaksanaan pembangunan Pamsimas ini menelan dana ratusan juta rupiah yang dikerjakan melalui swadaya masyarakat, program Pamsimas salah satunya untuk meningkatkan akses pelayanan air minum berdasarkan target MDGs dan program nasional untuk pelayanan air minum di indonesia 2019.

Setelah rampung program pembangunan Pamsimas ini, pengelolaanya diserahkan kepada masyarakat melalui pemerintahan nagari. Masyarakat akan memiliki tanggung jawab untuk menjaga, mengawasi serta memeliharanya dengan baik agar terhindar dari kerusakan yang dapat merugikan masyarakat, pemerintah dan pembangunan daerah.

Melalui program Pamsimas ini memberikan kontribusi positif terhadap kebutuhan masyarakat terhadap pengadaan air bersih yang dinikmati oleh keluarga dalam kehidupan ini, air bersih merupakan kebutuhan prioritas dalam kehidupan yang tidak bisa ditiadakan.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube