Headline News

header-int

Nagari Batu Hampar Bangun PAUD

Jumat, 04 Januari 2019, 11:38:25 WIB - 279 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nagari Batu Hampar Bangun PAUD

Pesisir Selatan 4/1/2019-- Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan maksimalkan pengunaan dana desa tahun 2018 dengan membangun gedung Pendidikan Usia Dini (PAUD) . Pembangunan ini menelan dana desa mencapai Rp 250 juta. 

Walinagari Batu Hampar Rino Rahma Putra Rabu(2/1) mengungkapkan pembangunan ini sengaja dilakukan akan pendidikan anak usia dini memiliki tempat yang permanen dan mampu melaksanakan proses belajar mengajar membentuk kharater anak usia dini. 

"Awalnya kita hanya anggarkan sebesar Rp 100 juta . Namun pembangunan belum rampung maka di tambahkan lagi anggarannya hingga mencapai Rp 250 juta sehingga pengerjaannya hampir rampung," ujarnya 

Ditambahkan pada tahun 2018 alokasi dana desa di Kenagarian Batu Hampar mencapai Rp 1,5 milyar ,dimana alokasi dana untuk pemberdayaan dan pembangunan . Beberapa pembangunan dilaksanakan mulai dari MCK,Bedah Rumah Tidak Layak Huni,Pembangunan Sanitasi Air Bersih hingga pembangunan jalan usaha tani dan drainase. 

Ditambahkan untuk tahun 2018 sebanyak 25 unit MCK telah dibangun dan lada tahun 2019 akan dilanjutkan pembamgunan beberapa unit lagi. Begitu juga pembangunan RTLH dari dana desa dialokasikan Rp 15 juta per unit . Selanjutnya pembangunan drainase dan parit miring guna mengatasi banjir di Kampung Teradam dan Ampiang Parak. 

"Kita maksimal kan penggunaan dana desa sesuai dengan pengalokasian nya . dan pembangunan ini sesuai dengan keinginan masyarakat dan telah disepakati oleh Bamus Nagari Batu Hampar ," ujarnya

Selanjutnya Rino menjelaskan selain pembangun pisik yang telah dilakukan ,pada tahun 2019 pengadaan air bersih melalui program Pamsimas juga akan didukung mengunakan dana Desa agar semua rumah di kenagarian Batu Hampar bisa menikmati air bersih . 

"Karena banyak kebutuhan dan harapan masyarakat akan pembangunan maka dukungan semua pihak sangat dibutuhkan akan pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan ," ujarnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube