Headline News

header-int

Nagari Batu Hampar Selatan Salurkan BLT Dari DD Langsung Ke Rumah Warga

Kamis, 21 Mei 2020, 21:27:35 WIB - 606 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nagari Batu Hampar Selatan Salurkan BLT Dari DD Langsung Ke Rumah Warga

Pesisir Selatan --- Menghindari berkumpulnya warga dalam upaya menentang penyebaran Covid-19, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Nagari Batu Hampar Selatan  Kabupaten Pesisir Selatan diberikan langsung ke rumah warga.

Wali Nagari Batu Hampar Selatan, Andi Hasan Rabu (20/5) mengatakan, dalam kegiatan pembagian BLT dari dana desa ini dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek , Babinsa Koramil, pemdamping desa yang tergabung dalam Relawan penanggulangan Covid -19 nagari.

Menurutnya Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini diberikan untuk bulan April diterima untuk 130 Kepala Keluarga, masing-masing Rp600.000,-. yang kategori penerima BLT adalah warga miskin terdampak corona, lansia dan menderita sakit menahun.

”Untuk penyaluran BLT Dana Desa diantarkan ke rumah-rumah penerima sehingga tidak menimbulkan perkumpulan warga,” ucapnya 

Ditambahkannya untuk menghindari kecurigaan masyarakat, serta juga demi keterbukaan terhadap informasi, pemerintah Nagari Batu Hampar Selatan, telah  memajang daftar Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak Covid-19.

Kepala keluarga yang penerima bantuan bantuan tercantum namanya itu, terdiri dari penerima BLT dari Kemensos, tapi juga dari APBD provinsi, kabupaten, dan juga nagari.

"Daftar nama KK penerima program BLT itu bukan saja dipajang di kantor wali nagari, tapi juga di tempat keramaian seperti warung, masjid, posko pemuda, dan lainya. Melalui upaya ini, maka masyarakat akan tahu apakah namanya terdaftar atau tidak, termasuk juga bila ada nama yang ganda," katanya.

Ditambahkan lagi, melalui upaya itu pihaknya secara tidak langsung sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab melalui pengumuman nama-nama itu, masyarakat bisa memahami bahwa sumber bantuan langsung tunai dampak Covid-19 itu, tidak saja berasal dari provinsi, tapi juga dari pusat, kabupaten, bahkan nagari.

Dijelaskannya bahwa di nagari itu jumlah warga penerima BLT dari Kemensos sebanyak 78 KK, dari provinsi 48 KK, kabupaten 129 kk, dari dana desa 130 KK, dan penerima sembako sebanyak 76 KK pula.

Ditambahkanya bahwa dari jumlah nama yang sudah terdaftar itu, sehingga total warga Nagari Batu Hampar Selatan penerima BLT yang terdampak Covid-19 sebanyak 461 KK, atau 72 persen dari 640 total warga yang ada di nagari itu.  (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube