Headline News

header-int

Nagari Gunakan Dana Desa Untuk Dukung Pengembangan Pariwisata

Selasa, 13 Agustus 2019, 20:32:31 WIB - 311 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nagari Gunakan Dana Desa Untuk Dukung Pengembangan Pariwisata

Pesisir Selatan -- Walinagari yang Nagari-nya ada di kawasan wisata untuk dapat mengelola potensi wisata melalui dana desa. Seperti memanfaatkan dana desa untuk membuat fasilitas di tempat wisata seperti toilet, musala dan segala macam.

Kepala Dinas Pariwisata Pessel, Hadi Susilo Selasa (13/8)di Painan mengungkapkan tak hanya jumlah kunjungan yang dapat meningkat, tapi pengunjung atau wisatawan yang datang juga betah berlama-lama di lokasi wisata.

"Dan tentunya,  jumlah uang yang berputar di lokasi wisata juga akan ikut meningkat.Kalau putaran uang meningkat, perkonomian masyarakat yang tinggal di kawasan wisata juga meningkat, karena yang diuntungkan tidak hanya pemerintah daerah, tapi masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang ada di lokasi wisata," ujarnya.

Selain mendorong agar Walinagari untuk ikut mengelola potensi wisata melalui dana desa, bahwa untuk meningkatkan jumlah kunjungan, pihaknya juga akan menggelar sejumlah iven sebagai media promosi kawasan wisata di Sumbar.

Sebenarnya, jumlah pengunjung wisata di Pessel lebih dari 300 ribu-an per tahun, karena sangat banyak destinasi wisata yang ada di Pessel, khususnya wisata bahari. Sebab, panjang pantai di Pessel ada 246 kilometer dan pada umumnya, pantai tersebut merupakan kawasan wisata.

"Namun dari kawasan tersebut, baru dua destinasi yang baru dikelola Pemerintah Daerah Pessel, yaitu Mandeh dan Carocok. Sedangkan yang lain belum. Jadi, pendataan pengunjung itu hanya dilakukan melalui penjualan tiket masuk untuk kawasan wisata Mandeh dan Carocok," ujarnya(07(

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube