Headline News

header-int

Nagari IV Koto Mudiak Upayakan Peningkatan SDM Warga

Selasa, 08 Januari 2019, 23:08:44 WIB - 254 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nagari IV Koto Mudiak Upayakan Peningkatan SDM Warga

Pesisir Selatan 8/1/2019--Untuk mewujudkan Visi nagari yaitu yaitu “Menjadi Nagari Maju, Sejahtera, Berbudaya, Berlandaskan Iman dan Taqwa ”,maka Pemerintah Nagari IV Koto Mudiek Kecamatan Batangkapas Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan berbagai terobosan, diantaranya adalah meningkatkan SDM ( Sumber daya manusia ), hal ini dilakukan mengingat kurangnya SDA ( Sumber daya alam ).

Wali Nagri IV Koto Mudiek Syafran, SH Selasa (8/1) mengatakan, potensi SDA yang dimiliki nagari IV Koto Mudiek hanya di sektor pertanian, yaitu padi sawah, inipun tidak memadai karena luas sawah yang ada tidak seimbang dengan jumlah kepala keluarga, namun SDM ( sumber daya manusia ) cukup tersedia termasuk potensi perantau.

Agar Sumber daya manusia itu menjadi modal dalam pelaksanaan pembangunan maka harus ditingkatkan dan dioptimalkan peran dan fungsi sumber daya manusia tersebut, untuk itu sejak lima tahun terakhir peningkatan sumber daya manusia ini menjadi prioritas oleh Pemerintah Nagari IV Koto Mudiek, sehingga kegiatan pemberdayaan masyarakat selalu ada setiap tahunnya.

Diantara kegiatan peningkatkan SDM yang telah dilakukan oleh Pemerintah Nagari IV Koto Mudiek menurut Syafran adalah pelatihan membuat industri minuman “ Nata de coco “, Pelatihan pembuatan sablon baju, pelatihan pemanfaatan koran koran bekas, Pelatihan Las listerik, pelatihan membuat Rotan ( Ramuan obat tanaman ) dan Roma ( Ramuan Obat pengendali hama ), pelatihan imam dan khatib, pelatihan guru guru TPQ/TPSQ, pelatihan Jurnalistik, Implementasi ABS-SBK, pelatihan kerajinan lidi dan penyuluhan bahaya penyalah gunaan narkoba.

“ Terakhir dalam usaha meningkatkan minat baca masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia juga telah diluncurkan kegiatan “ PUSTAKA LAPAU “ yang merupakan bagian dari kegiatan Perpustakaan nagari atau Taman Bacaan masyarkat yang sasarannya untuk tahun 2018 ini baru 10 lapau ( warung ) “, kata Syafran yang pernah aktif jadi wartawan harian Koran Padang dan Harian Haluan.

Dalam meningkatkan SDM tersebut menurut Syafran, Pemerintah Nagari IV Koto Mudiek dalam beberapa kegiatan bekerja sama dengan pihak ketiga seperti LPM UNP Padang, LPM UNES Padang dan terakhir juga sudah melakukan Kerja sama dengan Fakultas Pertanian UNES Padang untuk 5 tahun kedepan.

Kerja sama tersebut diawali dengan penanda tangan Nota Kesepahaman antara Dekan Fakultas Pertanian UNES Padang DR.Ir.I. Ketut Budaraga dengan wali nagari IV Koto Mudiek Syafran mengenai Pendidikan, penelitian dan Pengembangan Sumber daya manusia hari Sabtu 1 Desember 2018 lalu. ( 07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube