Headline News

header-int

Nagari Koto Rawang Bangun 19 Unit Jamban Keluarga Melalui Dana Desa

Senin, 06 April 2020, 13:51:48 WIB - 1247 | Kontributor : M. Joni, S.H
Nagari Koto Rawang Bangun 19 Unit Jamban Keluarga Melalui Dana Desa

Pesisir Selatan --- Setidaknya sekitar 220 Kepala Keluarga (KK) masyarakat di Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan belum memiliki jamban keluarga (WC),sebagian prilaku  masyarakat  masih memafaatkan sungai untuk Buang  Air Besar (BAB), kata Wali Nagari setempat, Darijol, Senin( 6/4)

Sebelumnya  masyarakat yang  belum memiliki Jamban Keluarga (WC) sebanyak 260 Kepala Keluarga, pada 2019 Pemerintahan Nagari menganggarkan jamban keluarga sebanyak 20 KK, kemudian pada tahun 2020 dibangun sebanyak 19  KK melalui Dana Desa, sesuai dengan keuangan nagari, kata Darijol 

Menurutnya, pemerintahan nagari akan terus menganggarkan dana untuk membangun jamban keluarga yang memadai, selain itu juga pihaknya juga berusaha meminta kepada pihak terkait untuk membantu persoalan sanitasi masyarakat ini.

"Pemerintahan Nagari juga telah mengajukan usulan proposal ke Dinas Perkimtan Pesisir Selatan agar masyarakat nagari Koto Rawang bisa memiliki jamban keluarga yang memadai, sesuai dengan standar kesehatan. Hal ini bertujuan dalam mewujudkan masyarakat  hidup sehat  dan bebas dari ancaman penyakit," kata Darijol.

Selama ini yang menjadi kurangnya minat masyarakat untuk memiliki jamban keluarga(WC), hal tersebut  tidak terlepas dari  perilaku masyarakat  dan rendahnya Sumber Daya Manusia ( SDM) masyarakatnya, sebagian masyarakat memilih  Buang Air Besar( BAB) di sungai  dan pada tali bandar, tanpa peduli terhadap dampak yang terjadi di lingkungannya. 

"Kita berharap secara bertahap nagari Koto Rawang ini bisa menjadi menjadi salah satu nagari yang mendukung program Open Defecation Free (ODF) Stop Bebas Buang Air Bersih Sembarangan di Kecamatan IV Jurai," kata Wali Nagari

Menurutnya, pembangunan di bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah di sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta seluruh masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube