Headline News

header-int

Nagari Puluik Puluik Buka Jalur Trabas

Rabu, 25 Maret 2020, 22:16:59 WIB - 17 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Nagari Puluik Puluik Buka Jalur Trabas

Painan,Padek--Pemerintah Kenagarian Puluik Puluik Kecamatan IV Nagari Bayang Utara saat ini giatnya membuka jalan untuk atraksi trabas menuju wisata alam perbukitan Gunjantino. Pembukaan ini bertujuan pengembangan potensi wisata alam daerah ini. 

Wali Nagari Puluik Puluik Jumrizal Selasa (24/3) mengungkapkan nagari yang dipimpinnya memiliki potensi pariwisata alam yang luar biasa. Beberapa kawasan yang ada dikenagarian ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai wisata alam .

Diantaranya perbukitan Gunjantino yang terletak antara Kampung Taratak Teleng dan Taratak Baru, kawasan ini akan dikembangkan oleh pihak nagari sebagai Kawasan wisata alam Arung Jeram, Lubuk Ikan Larangan, wisata Mancing,Trabas selanjutnya Kawasan Air Terjun Batuang yang teletak di Kampung Puluik Puluik yang mana ketinggian air terjun itu mencapai 320 meter.

Mengungkapkan Kenagarian Puluik Puluik akan menjadi pariwisata alam sebagai program peningkatan ekonomi maysarakat. Dan ini nantinya menjadi usaha yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Puluik Puluik. Dan untuk mendukung rencana ini pihaknya mengalokasikan dana Desa  untuk membuka akses jalan menuju ke kawasan ini sehingga kedepannya jalan ini bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Kita akan alokasi dana desa unuk memperlancar akses jalan menuju ke kawasan tersebut sehingga kedepannya akses kelokasi ini semakin lancar dan wisatawan yang datang kelokasi ini tidak kesulitan," ujarnya 

Untuk mendukung rencana ini pihak kenagarian telah mempersiapkan sarana dan prasarana. Salah satunya adalah membuat panggung dan pondok peristirahatan bagi wisatawan."Kita sangat berharap rencana ini bisa didukung penuh oleh masyarakat dan pemerintah  Kabupaten dan Pusat. Partisipasi yang tinggi diperlukan sekali sehingga langkah langkah yang akan dilakukan akan terasa mudah," ujarnya 

Selanjutnya selain mengembangkan kawasan alam menjadi pariwisata,  ini dengan Dana Desa yang akan dilakukan pembangunan pembangunan fisik diantaranya pembangunan jalan usaha tani,jalan kampung dan lainnnya dan sebagiannya lagi dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat. Nagari Puluik Puluik memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.400 jiwa dan kepala keluarganya 584 KK dengan 3 kampung yaitu Kampung Puluik-Puluik, Taratak Teleng dan Taratak Baru.

Seperti diketahui selain Lubuk Pauh dan Air Terjun  Batuang , Kenagarian ini juga memiliki potensi wisata alamnya yang sudah terkenal semenjak yaitu Jembatan akar yang telah berusia 100 tahun atau satu abad. Jembatan ini mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.  (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube