Headline News

header-int

Nagari Puluik Puluik Kembangkan Wisata Alam

Selasa, 26 Maret 2019, 15:29:11 WIB - 560 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nagari Puluik Puluik Kembangkan Wisata Alam

Pesisir Selatan 26/3/2019--Kenagarian Puluik Puluik Kecamatan IV Nagari Bayang Utara memiliki potensi pariwisata alam yang luar biasa. Beberapa kawasan yang ada dikenagarian ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai wisata alam .

Diantaranya Pemandian Lubuk Pauh yang terletak antara Kampung Taratak Teleng dan Taratak Baru, kawasan ini akan dikembangkan oleh pihak kenagarian sebagai Kawasan wisata alam Arung Jeram, Lubuk Ikan Larangan, wisata Mancing. Selanjutnya Kawasan Air Terjun Batuang yang teletak di Kampung Puluik Puluik yang mana ketinggian air terjun itu mencapai 320 meter.

Walinagari Puluik Puluik jumrizal Selasa(26/3) mengungkapkan Kenagarian Puluik Puluik akan menjadi pariwisata alam sebagai program peningkatan ekonomi maysarakat.

Dan untuk mendukung rencana ini pihaknya mengalokasikan dana Desa tahun  untuk membuka akses jalan menuju ke kawasan ini sehingga kedepannya jalan ini bisa dilalui kendaraan roda empat. 

"Kita alokasi dana desa unuk memperlancar akses jalan menuju ke kawasan tersebut sehingga kedepannya akses kelokasi ini semakin lancar dan wisatawan yang datang kelokasi ini tidak kesulitan," ujarnya 

Diterangkannya Kawasan Pemandian Lubuk Pauh ini merupakan sebuah lubuk yang sangat cocok dijadikan sebagai arena permandian buat anak anak dan orang dewasa selain itu dikawasan ini juga dikembangkan wisata mancing,arung jeram dan lubuk larangan. 

Untuk mendukung rencana ini pihak kenagarian telah mengsosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan penangkapan ikan secara meracun atau sentrum. Masyarakat diberikan pemahaman kalau pariwisata berkembang masyarakat akan mendapatkan manfaat lebih seperti mereka bisa berjualan atau menjadi pemandu wisata.

"Kita sangat berharap rencana ini bisa didukung penuh oleh masyarakat dan peemrintah  Kabupaten dan Pusat. Partisipasi yang tinggi diperlukan sekali sehingga langkah langkah yang akan dilakukan akan terasa mudah," ujarnya

Kenagarian Puluik Puluik memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.400 jiwa dan kepala keluarganya 584 KK dengan 3 kampung yaitu Kampung Puluik Puluik,Taratak Teleng dan Taratak Baru.

Seperti diketahui selain Lubuk Pauh dan air Terjun  Batuang, Kenagarian ini juga memiliki potensi wisata alamnya yang sudah terkenal semenjak yaitu Jembatan akar yang telah berusia 100 tahun atau satu abad. Jembatan ini mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.  (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube