Headline News

header-int

Nelayan Pessel Mendapatkan Bimbingan Keselamatan Ketika Melaut

Kamis, 28 Maret 2019, 14:01:49 WIB - 246 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Nelayan Pessel Mendapatkan Bimbingan Keselamatan Ketika Melaut

Pesisir Selatan - Sebanyak 30 orang nelayan dari Kenagarian Sei Nyalo Mudiak Aia dan Kenagarian Mandeh mendapatkan pelatihan keselamatan dalam melaut dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Selasa(26/3) di Sei Nyalo.

Kepala Dinas Perhubungan Pessel Gunawan yang diwakili Kabid Pengembangan Dan Keselamatan Fadli Amra menurutnya bimbingan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang notabenenya bekerja sehari-hari sebagai pelaut nelayan, pelaut kapal-kapal tradisional, pelaut kapal KLM dan penambang-penambang pompong (Kapal-kapal kecil). 

Menjelaskan, bimbingan ini memgajarkan kepada masyarakat tentang artinya keselamatan dan kenyamanan pelayaran. Intinya, memberikan pemahaman untuk keselamatan di atas kapal.

"Dimana dalam pelayaran mereka (Pelaut) harus mengerti aspek keselamatan pribadi selaku pelautnya ataupun orang lain yang mereka bawa selaku penumpang. Yang jelas memberikan pemahaman keselamatan diatas kapal terutama mereka akan disiapkan menjadi pelaut-pelaut tradisional," terangnya.

Mengungkapkan kegiatan ini bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Pessel akan keselamatan nelayan. Sebab pentingnya keselamatan dalam pelayaran tak terkecuali bagi para nelayan dan pelaut tradisional saat berlayar.Masih ada nelayan dan pelaut tradisional yang belum membiasakan leselamatan  saat berlayar.

Walinagari Sei Nyalo Mudiak Aia Marjam Rabu(27/3) sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan, sebab bimbingan ini akan membawa dampak positif sebab sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai nelayan. 

"Dengan kegiatan nelayan mengetahui apa yang harus mereka perhatikan ketika mereka pergi melaut," ujarnya 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube