Headline News

header-int

Nikmati Pemandangan Indah Nan Alami Dari Puncak Bukit Bendera

Rabu, 16 September 2020, 17:16:39 WIB - 117 | Kontributor : Riko Candra
Nikmati Pemandangan Indah Nan Alami Dari  Puncak Bukit Bendera

PESISIR SELATAN, - Selain wisata Bahari, Kabupaten Pesisir Selatan juga dikenal dengan sejumlah pariwisata alami lainnya. Jadi, jika Anda merupakan salah seorang yang senang mengunjungi tempat-tempat yang hijau, maka bukit yang terletak di Kecamatan Bayang ini sangatlah cocok bagi Anda.

Puncak Bukit Bendera, yang berada di daerah Lubuk Pasing Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salahsatu panorama alam yang membuat pengunjung berdecak kagum setelah menyampai puncak bukit dan menyaksikan indahnya pemandangan.

Untuk mencapai Bukit Bendera dapat ditempuh dari Kota Padang selama 1,5 – 2 jam perjalanan. Objek wisata ini dapat dengan mudah ditemui, karena berada satu arah dengan objek wisata terkenal lainnya seeprti Jembatan Akar Bayang. Jika Anda datang dari arah Padang, maka setibanya di Pertigaan Pasar Baru ambil arah ke kiri menuju Bayang, sekitar 10 Km dari pertigaan di sebelah kanan jalan inilah Bukit Bendera berada.

Sang merah putih, tak lelah kah kau berkibar di ujung tiang ?, Bendera Indonesia terus berkibar mengikuti arah angin. Bendera, nama yang disematkan untuk bukit ini. Penamaan ini memang berkaitan dengan sejarah yang terjadi pada bukit ini. Dulu pada masa penjajahan bukit ini dijadikan tempat meninjau para penjajah yang masuk karena memang dari puncak bukit ini kita akan dengan leluasa melihat seluruh Nagari Bayang.

Bukit Bendera memiliki ketinggian 400 mdpl. Untuk mencapai puncaknya sudah terdapat jalur yang telah ditata dengan baik oleh pemuda setempat sehingga memudahkan pengunjung melaluinya. Jika berjalan santai, maka sekitar 30 menit sudah tiba di puncaknya. Bagi yang telah terbiasa mendaki, maka mendaki Bukit Bendera terasa sangat mudah. Namun bagi yang jarang melakukannya mungkin terasa sedikit berat.

Kenapa bukit bersejarah ini kemudian menjadi obyek wisata yang hits? Kalau menurut saya karena memang pemandangan disini keren bangat selain itu keberadaan rumah pohon lah yang membuat orang–orang berlomba–lomba menuju kesini.

Rumah pohon ini mampu menopang orang mau selfie diatasnya sebanyak 5 orang. Sehingga tidak perlu khawatir, karena banyak spot–spot menarik untuk beristirahat. Selain itu selama pendakian menuju puncak kita akan disuguhi oleh plang–plang berisi kalimat motivasi dan candaan yang ditujukan kepada pengunjung sehingga pendakian tidak membosankan.

Setibanya di puncak terdapat tiang bendera dengan bendera merah putih berukuran besar berkibar dengan gagahnya. Rasa lelah akan terbayar ketika melihat pemandangan yang tersajikan di puncak Bukit Bendera.

Pemandangan di sini sangat indah, berupa persawahan hijau yang luas bak permadani, Bukit Barisan, pemukiman penduduk Nagari Bayang serta nampak dengan jelas Samudera Hindia. Jadi bagi Anda yang suka dengan tempat hijau-hijau maka tidak akan rugi setelah Anda mencoba mendatangi puncak Bukit Bendera Kecamatan Bayang.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube