Headline News

header-int

Novia Hertini Pelopor Batik Lumpo Mendapatkan Upakarti Tahun 2020

Selasa, 15 Desember 2020, 09:56:59 WIB - 1187 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Novia Hertini Pelopor Batik Lumpo Mendapatkan Upakarti Tahun 2020

Pesisir Selatan  - Presiden Jokowi mengapresiasi pengabdian dan kesetiaan Novia Hertini sebagai perajin sekaligus Founder Batik Lumpo pada Kamis,10 Desember 2020 lalu. Anugerah yang diberikan Presiden RI tersebut berupa penghargaan Upakarti Tahun 2020 kepada perempuan yang namanya sudah tak asing lagi di dunia fashion di Sumbar bahkan nasional Novia Hertini 

Dia  juga salah satu pendiri Asosiasi Pengusaha Perancang Indonesia (APPMI) Provinsi Sumatera Barat, bersama Fomalhaut Zamel, Ferry Daud, En Shirikie, dan Manggala Iddhi Chandra sebagai founder organisasi bagi perancang mode di Ranah Minang

“Saya merasa terpanggil untuk mengembangkan batik Lumpo, karena keindahan dan kehalusannya, layak dipakai kalangan atas dan para eksekutif, juga dipakai oleh kalangan umum,” ulas Novia Hertini Selasa(15/12)

Menurutnya selain mengenalkan batik Lumpo untuk nasional dan internasional, juga bisa menambah peningkatan perekonomian masyarakat setempat, dengan cara memberdayakan setiap rumah tangga melakukan produksi tenun batik Lumpo.

“Selain mengenalkan pada nasional dan internasional, kita juga memberdayakan perekonomian masyarakat dengan mengikut sertakan masyarakat dalam memproduksi batik Lumpo, sehingga semua bisa merasakan dampaknya, dan bisa mengangkat taraf perekonomian masyarakat,” ulasnya.

Penghargaan Upakarti bidang pengabdian ini tidak membuat Novia menjadi sombong, bahkan semakin termotivasi untuk lebih mengembangkan kegiatan lainnya, tentunya dengan tujuan pengabdian pada masyarakat dalam mengangkat taraf perekonomian masyarakat.

Penghargaan Upakarti 2020 dari Presiden Jokowi yang diterima Novia Hertini, juga mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Selasa(15/12) mengapresiasi prestasi yang diraih oleh salah satu pelopor ekonomi kreatif Pessel. Semoga prestasi ini bisa ditiru dan menjadi motivasi bagi ekonomi kreatif lainnya. 

Dijelaskannya usaha Batik Lumpo Pesisir Selatan kini sudah semakin

dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Sumatera dan Jakarta  karena sulaman bayangan merupakan

salah satu produk andalan  masyarakat Pessel. Pesisir Selatan  cukup dapat  dibanggakan karena hasil

produksi cukup memiliki prospek cerah didalam mengangkat perekonomian masyarakat.

Karena itu hasil produksi harus selalu ditingkatkan untuk menjawab akan kebutuhan pasar yang selalu meningkat . Dan harus ada inovasi baru sehingga semakin meningkatkan nilai jual .(07)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube