Headline News

header-int

Objek Wisata Pesisir Selatan

, 18 Februari 2013, 20:10:00 WIB - 378 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Februari 2013     
Objek wisata Pesisir Selatan perlu dipoles untuk meningkatkan kunjungan dan PAD (Pendapatan Asli Daerah. Pesisir Selatan saat ini menjadi salah satu daerah kunjungan Wisata Bahari pada jalur barat Pulau Sumatera. Keelokan dan keindahan alamnya mampu menyejukan setiap mata memandang.

Kepala Dinas Priwisata Pemuda dan Olahraga Nazwir menyebutkan, upaya pembenahan itu dilakukan secara bertahap. Paling tidak dengan pembenahan atau polesan akan muncul image oleh masyarakat luar, rugi apabila berkunjung ke Sumbar jika tidak menyempatkan diri untuk singgah ke Pesisir Selatan. Setidaknya melihat indahnya kawasan wisata alam Mandeh yang terdapat di Carocok Tarusan termasuk juga keunikan Jembatan Akar yang di jadikan sebagai jalur transportasi masyarakat di Kampung Pulut Pulut Kecamatan Bayang Utara.

Ia mencontohkan Pulau Cubadak, meski masih dalam kesederhanaan, ternyata mampu membuat para turis untuk tinggal berlama lama terutama di Pulau Cubadak yang berada di kawasan Mandeh, sebab nuansa yang di tawarkan sangat alami, ditambah lagi dengan ramahnya masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan pulau. Apalagi jika mendapat pembenahan.

"Rasanya tidak salah jika Kawasan wisata alam Mandeh ini masuk kedalam Rencana Induk Pengembangan Nasional di sektor Pariwisata yang saat ini dikelolah oleh investor asing yang berasal dari Itali yang lebih di kenal dengan  Cubadak Paradiso. Kini tinggal pembenahan saja," katanya lagi.

Menurutnya, dengan didasari potensi yang dimiliki oleh Kabupaten ini dan lewat polesan, Pemerintah daerah baru bisa mengandalkan sektor Pariwisata ini sebagai salah satu sektor unggulan dalam pembangunan kedepan. Dengan harapan mudah mudahan Pesisir Selatan ini akan lebih dikenal dan menjadi tuan rumah yang baik bagi pengunjung ( Pesisir Selatan Will be a good host to visitors).

Selain melakukan pembenahan dan melengkapi sarana pendukung, Pesisir Selatan perlu intensif melakukan promosi objek wisata dan keunggulannya. "Misalnya disamping Cubadak Paradiso dan Jembatan Akar, Pesisir Selatan masih memiliki potensi potensi wisata alam lainya yang tidak kalah menarik seperti halnya, Pantai Muaro Gadang Air Haji, Pemandian Alam Sako, Pantai Batu Kalang dan Teluk Sikulo, Air Terjun Bayang Sani, Pantai Selayang Pandang Ketaping, Pantai Muaro Bayang, Gowa Batu Ngalau Dewa, Kawasan Wisata Pantai Carocok , Puncak Langkisau, Air Terjun Timbulun Pelabuhan Panasahan, Pantai Teluk Sungai Nipah, Pemandian Salido Ketek, Pantai Telauk Tempurung, Pantai Teluk Kasai, Taratak Nyiur Melambai, Pantai Sumedang dan masih banyak lagi. Hal ini belum dikenal luas, dan perlu promosi," ujarnya lagi.

Dijelaskannya, yang tidak kalah menariknya ternyata Pesisir Selatan juga memiliki Wisata Sejarah seperti di Pulau Cingkuak dimana ditempat itu terdapat satu peninggalan sejarah yang dikenal dengan Benteng Portugis. Jika kita berkunjung kesana cukup hanya dengan menaiki sampan atau perahu selama 10 Menit dari pantai Carocok Kota Painan. Konon dulunya pulau ini dijadikan sebagai tempat pemantau bagi tentara Portugis disamping juga sebagai Benteng Pertahanan. Karena lokasinya sangat strategis sehingga dibangunlah benteng untuk memantau aktifitas masyarakat yang berlalau lalang ketika itu.

"Gambaran wisata yang di miliki Pesisir Selatan tidaklah lengkap jika hanya dibaca atau didengar, tapi mari dibuktikan langsung dengan melakukan kunjungan selama beberapa hari karena seni dan budayanya juga memiliki keunikan tersendiri. Dengan melakukan kunjungan langsung maka kita juga akan dapat melihat peninggalan peninggalan Belanda Cagar Budayanya Alam Minang Kabau di Rumah Gadang Mande Rubiah di Kecamatan Lunang tanpa merasa khawatir sebab 18 hotel atau penginapan juga siap menampung anda yang bermalam," ajaknya. (09)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube