Headline News

header-int

PABRIK CPO KEMBALI BELI SAWIT PETANI

, 30 Agustus 2013, 00:00:00 WIB - 200 | Kontributor :

Painan, Agustus - Pabrik minyak kelapa sawit mentah atau curt palm oil Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali membeli tandan buah segar sawit hasil perkebunan masyarakat setempat.
Malus 45, pedagang pengumpul yang juga petani kelapa Sawit di Kambang Kecamatan Lengayang, di Painan, kemarin mengatakan, sebelumnya ia bersama istrinya sempat cemas karena buah sawit yang sudah panen sebanyak sekitar enam ton mulai membusuk akibat tidak terjual. Begitu juga dengan buah sawitnya yang di perkebunan lainnya juga sudah siap panen.
" Buah kelapa sawit yang lima ton sudah panen pada Jumat (23/8) lalu, sekarang sudah bisa dijual kembali. Sebab pihak PT Incasi Raya sudah kembali membeli buah sawit hasil panen masyarakat. Harga pembelian dari pedagang kepada petanipun juga meningkat Rp 50. Sebab saat ini sudah terjual Rp 700 per kilogram dari Rp 650 per kilogram sebelumnya," ujarnya.
Kondisi yang sama juga dirasakan oleh petani sawit lainnya di daerah itu. Bahkan diantaranya juga ada yang berutang akibat kebutuhan dapur dan biaya anak sekolahnya mendesak.
Sadar (52), patani sawit lainnya mengatakan petani sawit di daerah itu kembali bergairah karena sesui dengan janjinya kepada masyarakat bahwa pembelian sudah bisa dilakukan sejak Rabu (28/8)ole PT Incasi Raya (pemilik pabrik CPO).
Buah sawit yang menumpuk dampoak dari tidak terjual selama lima hari itu, kembali ditampung oleh pihak pabrik. Harga penjualan ditingkat petanipun juga meningkat Rp 50 dari Rp 650 sebelumnya.(04)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube