Headline News

header-int

Padi Umur Muda Rentan Hadapi penyakit

, 31 Maret 2011, 02:59:00 WIB - 429 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Maret----

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Peternakan Pessel, Afrizon Nazar menuturkan tanaman padi yang berumur muda atau 25 hari yang telah pindah dari lahan gabutan, memang memiliki banyak resiko penyakit.  "Ini dikarenakan pada saat pemindahan, kondisi lahan barunya tidak mendapatkan pengolahan secara maksimal," tuturnya, kamis (31/3) Kondisi ini membuat bibit penyakit yang berkemungkinan bisa menyerang tanaman belum mati.

"Untuk itu perlakuan terhadap lahan sawah yang akan ditanam padi itu perlu diolah agar kadar keasaman tanah tinggi dan membuat bakteri merusak padi mati," ucapnya lagi.

Sementara, tanaman lokal dengan memanfaatkan kekayaan lingkungan melalui ramuan tiga jenis tumbuhan seperti seperti Sambung, Jareangau dan Kunik Bolai memang sudah mulai menjadi andalan masyarakat tani di Batang kapas.

"Kita berharap dalam memasuki musim tanam kedua ini, tingkat produksi padi Pesisir Selatan (Pessel) dapat bertambah termasuk sawah yang ada di kenagarian IV Koto Hilia kecamatan Batang kapas ini," pungkasnya.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube