Headline News

header-int

Panorama Air Terjun Bayang Sani Selain Sejuk Airnya Juga Memiliki Segudang Sejarah

Senin, 21 September 2020, 22:10:12 WIB - 84 | Kontributor : Riko Candra
Panorama Air Terjun Bayang Sani Selain Sejuk Airnya Juga Memiliki Segudang Sejarah

PESISIR SELATAN, - Objek wisata Air Terjun Bayang Sani merupakan salahsatu panorama wisata handalan Kabupaten Pesisir Selatan yang terletak di Nagari Koto Baru Kecamatan Bayang. Selain memiliki pemandang yang indah dengan memiliki tujuh tingkat, air terjun bayang sani juga memiliki segudang sejarah.

Ada beberapa hal unik dan menarik yang bisa Anda temukan di lokasi air terjun ini. Air terjun yang ada di sana sebenarnya memiliki 7 tingkatan, tetapi Anda hanya bisa mengunjungi sampai dengan tingkatan ke tiga. Untuk tingkatan berikutnya akan memakan waktu cukup lama serta jarang juga dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun pada tingkatan pertama memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter yang terdiri dari air terjun cabang tiga. Air terjun ini akan mengalir dengan meliuk-liuk di atas batu cadas. Dapat dikatakan bahwa Air Terjun Bayang Sani ini merupakan air terjun yang paling besar di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian pada air terjun tingkat kedua sangat berbeda jika dibandingkan dengan tingkat pertama. Apabila bentuk air terjun tingkat pertama melebar serta bercabang tiga, pada tingkat kedua hanya terdapat satu air terjun yang tegak dengan tinggi 25 meter. Air terjun tingkat kedua ini masih jarang dikunjungi wisatawan dan di bawah air terjunnya sendiri ada lubuk yang mana airnya berwarna kehijauan.

Konon informasinya, air terjun Bayang Sani pada tingkat pertama memiliki sejarah yang menarik. Dulu pada masa penjajahan Belanda, air terjun ini kerap menjadi tempat mandi noni-noni dan mener-mener Belanda. Kawasan ini dulunya diberi nama Wellcome, karena disambut oleh keindahan alam yang menakjubkan dan merasa nyaman ketika mandi di sana.

Masyarakat sekitar kemudian menyebut nama air terjun ini dari kata tersebut yang melesap dengan tutur lisan sehari-hari menjadi Walikum. Ada juga yang menyebut air terjun ini hingga tahun 1980-an sebagai Sarasah Ikua Kudo atau Air Terjun Ekor Kuda karena bentuknya yang mirip ekor kuda.

Kemudian tahun 1980-an nama air terjun ini berubah seiring perubahan nama daerah-daerah di Sumatera Barat, termasuk Sarasah Ikua Kudo. Air terjun ini pun diberi nama Air Terjun Bayang Sani sesuai nama kawasannya.

Air Terjun Bayang Sani saat ini menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, Anda bisa mulai dari Jalan Raya Padang – Painan. Saat tiba di Simpang Ganting, segera belok ke kiri menuju Jalan Raya Ganting sampai Jalan Pasar Baru atau lebih mudahnya jalan menuju lokasi air terjun ini searah dengan jalan untuk menuju lokasi wisata Jembatan Akar. Letaknya sendiri tidak jauh yaitu sekitar 3 kilometer sebelum lokasi wisata Jembatan Akar.

Kesegaran air terjun mampu memikat pengunjung dan ingin berlama-lama bermain air. Pokoknya, tunggu apalagi. Tentukan jadwal dan saatnya liburan dengan menikmati pesona Air Terjun Bayang Sani yang memiliki cerita yang berbeda.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube