Headline News

header-int

PANWASLU PESSEL AJAK MASYARAKAT PROAKTIF LAPORKAN TEMUAN PELANGGARAN PEMILU

, 29 Agustus 2013, 22:28:00 WIB - 187 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, Agustus 2013.   

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan mengajak masyarakat kabupaten itu untuk melaporkan segala dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) secara langsung yang jujur, adil, dan aman tidak saja tanggungjawab Panwaslu dan perangkatnya saja, tetapi juga tanggungjawab semua pihak. Maka itu kita mengajak masyarakat agar proaktif mengawasi semua tahapan dan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi kepada Panwaslu, " ujar Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pesisir Selatan Dori Hambali di Painan, kemarin.

Diwaktu yang sudah semakin dekat dengan Pemilu tahun 2014 ini, berbagai pelanggaran pemilu sangat memungkinkan terjadi. Sebab pengalaman dari Pemilu selama ini, tingkat kerawanan pelanggaran pemilu tertinggi terjadi pada waktu yang dekat dengan pemilu.

Meskidemikian, masyarakat harus terus mewaspadai karena segala tindak pidana dan pelanggaran pemilu pada semua tahapan oleh para peserta pemilu dan pihak lainnya dapat saja terjadi tanpa melihat waktu dan tempatnya.

Namun yang paling diwaspadai adalah politik uang. Pada waktu yang semakin dekat ini, tindak pidana pemilu tersebut sangat rawan terjadi.

"Tindak pidana pemilu politik uang ini seringkali terjadi saat akan mendekati tahapan pemungutan suara. Meskidemikian tidak tertutup kemungkinan juga dapat terjadi pada tahapan-tahapan lainnya diwaktu seperti saat ini, " ucap dia lagi.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube