Headline News

header-int

Pelaku Homestay Pessel Belajar Ke Homestay Ranata Bukittingi

Minggu, 16 Juli 2023, 12:38:51 WIB - 132 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pelaku Homestay Pessel Belajar Ke Homestay Ranata Bukittingi

Pesisir Selatan  -- Sebanyak 40 orang pengelola Homestay se Kabupaten Pessel lakukan studi banding ke Homestay Ranata Kota Bukittingi. Kegiatan ini rangkaian dari  pelatihan manajemen homestay yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui dana Alokasi Khusus (DAK) selama 3 hari Selasa - Kamis  (11-13/7).

Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Anton Mahendra yang mendampingi peserta mengungkapkan mengelola homestay yang baik adalah ketika pengunjung bisa betah dan meninggalkan kenangan baik ketika mereka menginap di homestay. 

Menurutnya homestay menjadi pilihan wisatawan karena selain harganya murah juga lebih nyaman. Bahkan sekarang sudah menjadi tingkat industri yang sangat luar biasa, sehingga harus dikelola secara profesional.

"Oleh karena itu kita harus memberikan service yang baik, dengan service yang baik bagi wisatawan akan sangat berkesan dan akan datang lagi," kata 

Mengungkapkan Homestay harus bisa menjadi industri wisata yang menjanjikan, dan menjadi daya tarik wisatawan untuk mau terus datang berwisata ke kabupaten Pessel.

" Karena itulah pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan usaha jasa homestay  di kabupaten Pessel dan pelatihan ini juga mengajarkan bagaiman service yang baik dan memuasakan terhadap para wisatawan, sehingga para wisatawan akan sering datang ke Pessel, pungkasnya.

Ditambahkannya masyarakat harus selalu didorong dan dimotivasi agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan didaerahnya.Pemberdayaan masyarakat di Kawasan  perlu selalu dilakukan ,agar seiring berkembangnya  destinasi wisata maka  pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

"Sekarang ini pemerintah selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua lini untuk bisa terlibat langsung dan melahirkan program program pengembangan," ujarnya 

Pada studi banding peserta melihat langsung kondisi homestay Ranata yang terletak di Kota Bukittingi ,homestay ini mendapatkan penghargaan sebagai homestay terbaik di Sumbar tahun 2022.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube