Headline News

header-int

Pelaku Wisata Di Pantai Tan Sridano Diberikan Pelatihan Pegelolaan Destinasi Wisata

Selasa, 28 Juli 2020, 11:42:05 WIB - 452 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pelaku Wisata Di Pantai Tan Sridano Diberikan Pelatihan Pegelolaan Destinasi Wisata

Pesisir Selatan -- Kabupaten Pesisir Selatan memiliki banyak potensi wisata bahari. Selain Kawasan Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan dan Kawasan Pantai Carocok Painan ada juga potensi wisata bahari lainnya yaitu Pantai Tan Sridano yang  menyuguhkan pantai berpasir putih dan landai serta kerindangan ribuan pohon pinus.    
 
Dan guna mengasah kemampuan pelaku wisata di Kawasan Pantai Tan Sridano sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, pelaku wisata kawasan ini diberi pelatihan tata kelola destinasi pariwisata selama 3 hari, Selasa-Kamis (28-30/7). Kegiatan ini melalui alokasi DAK Non Fisik 2020.
 
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Hadi Susilo ketika membuka acara pelatihan ini mengungkapkan pariwisata mampu menciptakan tenaga kerja bagi masyarakat, dengan dibukanya Kawasan Pariwisata diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat 
 
Mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku wisata dalam menerapkan konsep pariwisata untuk bisa diterapkan di keseharian. Hadi menilai peran serta dan keterlibatan masyarakat diperlukan dalam mendukung upaya pengembangan ke pariwisata, masyarakat didorong untuk ikut dalam pengembangan pariwisata dan sekaligus mengambilkan manfaat ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan.
 
Menurutnya peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata pada setiap objek wisata diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kepariwisataan . Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan di bidang pariwisata. Biasanya kesan pada diri wisatawan yang datang ke destinasi wisata akan sangat dipengaruhi oleh sikap dan keramahtamahan dari masyarakat lokal 
 
"Untuk itu dibutuhkan pelatihan peningkatan dan pengembangan gerakan Sadar Wisata ini dengan tujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, khususnya penerapan unsur Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan," ujarnya
 
Diketahui Pantai Tan Sridano bisa dijangkau dengan mengendarai kendaraan bermotor lebih kurang 40 menit dari Painan yang merupakan ibu kota kabupaten setempat ke arah selatan. Lokasi Pantai Tan Sridano berada persis di samping jalan lintas sumatera bagian barat, Padang-Bengkulu sehingga lokasi ini selalu ramai dikunjungi baik pada libur akhir pekan ataupun libur nasional.
 
Walinagari Taluak Zainal menjelaskan  Kawasan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Untuk semakin diminati beberapa pembenahan telah dilakukan mulai lokasi parkir,   toilet hingga tempat sampah .
 
 "Agar lebih maksimal pengelolaan Pantai Tan Sridano maka  telah  diserahkan ke BUMNag dan pembenahan sudah  dilakukan seperti membenahi lokasi parkir, membersihkan sampah-sampah dan lainnya," kata Wali Nagari Taluk, Zainal.
 
Menurutnya dengan alokasi dana nagari juga dibangun beberapa sarana seperti tempat sampah,tempat duduk di pantai, becak motor untuk menngangkut sampah dan pembuatan asmaul Husna disepanjang pantai dan beberapa sarana lainnya. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube