Headline News

header-int

Pelaku Wisata Harus Selalu Menjaga Keselamatan dan Keamanan Wisatawan

Rabu, 14 Juni 2023, 15:02:55 WIB - 301 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pelaku Wisata Harus Selalu Menjaga Keselamatan dan Keamanan Wisatawan

Pesisir Selatan --- Adanya bencana alam maupun non alam tentunya akan berpengaruh pada keberlangsungan pariwisata. Hal terpenting yang harus dijaga oleh pengelola suatu destinasi wisata adalah keselamatan dan kenyamanan wisatawan  yakni menjaga citra tempat tersebut.

"Pelaku pariwisata harus menjaga kenyamanan, kebersihan, kehalalan maupun cita rasa makanan agar pengunjung berulang kembali ke tempat tersebut,"ujarnya Riko Lukito pemateri dari Basarnas   pada kegiatan Pelatihan Keselamatan dan Keamanan didestinasi Rabu (14/6) di hotel Hannah Painan. 

Menurutnya   kesiapan dan kesiagaan pengelola kawasan wisata harus selali ditingkatkan. Sebab kecelakaan dan insiden pada kawasan wisata bisa terjadi kapan saja. Karena itu harus selalu disiapkan. 

"Faktor keamanan menjadi nomor satu dalam pengelolaan kawasan wisata,pengelola harus selalu memperhatikan  kelayakan suatu kawasan agar nanti dalam pengembangan tidak menimbulkan kerusakan baik alam ataupun manusia," ujarnya

Sementara itu Kabid Pariwisata Anton Mahendra mengungkapkan agar pelaku pariwisata dapat memperhatikan poin-poin yang disampaikan narasumber dalam menjaga destinasi wisatanya sehingga membantu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui sektor tersebut.

Lebih lanjut  menyampaikan para pelaku wisata bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan,jangan hanya mengutamakan keuntungan belaka tapi mengsampingkan keselamatan pengunjung. 

Mengungkapkan kegiatan ini mengunakan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. Dan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya dari Basarnas, BPBD Provinsi Sumatera Barat dan pengiat pariwisata.

Menurutnya tujuan pelatihan ini untuk memberikan pembelajaran secara praktis untuk meningkatkan pemahaman ketrampilan dan pengetahuan sikap nilai yang benar dalam keamanan dan keselamatan destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Terima kasih atas partisipasi para peserta yang sudah hadir untuk mengikuti kegiatan ini.Semoga pelatihan ini memberikan manfaat dan bisa meningkatkan kemampuan SDM pelaku usaha destinasi wisata di Kabupaten Kabupaten Pesisir Selatan," ujarnya.

Ditambahkannya selain itu faktor keamanan dan keselamatan para wisatawan harus juga perhatikan dan ini menjadi faktor penting untuk pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan

"Karena hal ini juga menjadi tangggung jawab pemerintah daerah untuk membantu para pelaku usaha pariwisata untuk meningkatkan SDM pengelola wisata dengan melakukan pelatihan ini," tukasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube