Headline News

header-int

Pembangunan Pasar Ternak di Pesisir Selatan Membutuhkan Anggaran Rp8 Miliar

Jumat, 11 Jan 2019, 16:32:01 WIB - 50 | Didi Someldi Putra

PESISIR SELATAN, 11/1/2019 - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebutkan dibutuhkan paling sedikit Rp8 miliar untuk menuntaskan pembangunan pasar ternak di Nagari Bukit Buai Tapan, Kecamatan Basa IV Balai Tapan, daerah itu.

"Rp8 miliar itu dibutuhkan untuk membangun gedung, los pasar, papan informasi harga, areal hijauan pakan ternak, kantin, mushala, toilet dan lainnya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan, Jumat.

Kebutuhan itu tambahnya, telah dibuat dalam bentuk proposal yang ditujukan ke pemerintah pusat dan jika disetujui akan dikucurkan pada 2020.

Pihaknya optimistis proposal itu akan dikabulkan karena berbagai hal telah disiapkan seperti menyiapkan dokumen UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup/Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup), kelayakan usaha dan Detail Engineering Design (DED) atau Proyek Perencanaan Fisik.

Berikutnya pada 2019, mengalokasikan anggaran Rp800 juta yang bersumber dari APBD setempat untuk melaksanakan pengelolahan areal.

"Jadi proposal yang kami buat sudah disiapkan dengan matang dan kami optimis bakal disetujui," katanya lagi.

Pasar ternak di Bukit Buai sesuai rencana dioperasikan dengan sistem terbuka sehingga tidak hanya akan diramaikan oleh pedagang dalam kabupaten namun juga lintas provinsi.

Dengan situasi itu diharapkan harga jual ternak di daerah setempat menjadi lebih tinggi karena adanya persaingan harga antarpedagang.

Pasar ternak di Bukit Buai dibangun diatas lahan 1,2 hektare yang didapat dari hibah masyarakat setempat, dari lahan itu akan didirikan bangunan pasar seluas 900 meter persegi dan di lahan sisanya akan dibangun sarana dan prasarana pendukung.

Dengan selesainya pembangunan pasar ternak ini maka Pesisir Selatan akan memiliki dua pasar ternak yang satunya berada di Koto Rawang, Kecamatan Lengayang. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube