Headline News

header-int

Pemerintah Nagari Kapujan Sediakan Bibit Kopi Gratis Untuk Petani

Jumat, 18 Jan 2019, 11:26:03 WIB - 66 | Milhendra Wendi
Pemerintah Nagari Kapujan Sediakan Bibit Kopi Gratis Untuk Petani

PESISIR SELATAN, 18/1/2019 - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Nagari Kapujan Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, akan menyediakan bibit kopi bagi petani di daerah itu.

Wali Nagari Kapujan Supardi mengatakan, dalam penyedian bibit seperti kopi maupun yang lainya pihaknya dengan ini akan memberikan kepada masyarakat yang telah memiliki lahan.

"Dan pemberian bibit yang akan kita berikan nanti tergantung kepada masyarakat apa - apa kebutuhan dalam pengisian lahan itu nantinya,"kata dia, Jumat (18/1/2019)

Dia mengungkapkan, guna mempermudah untuk menuju akses jalan usaha tani, nagari setempat membuka jalan dalam mendukung
transportasi bagi petani menuju lokasi perkebunan yaitu pembukaan jalan ke kabun dan jalan Bukik ladiang.

Pembukaan jalan ke Kabun sepanjang 200 meter itu adalah lanjutan dengan anggaran Rp 150 juta melalui Dana Desa (DD). Sedangkan Bukik lading sepanjang 500 meter dengan anggaran Rp100 juta.

Pembukaan dua jalan usaha tani tersebut, merupakan bagi para petani yang telah mengelola gambir dengan luas lahan lebih kurang 30 hektare yang dimiliki sebanyak 30 orang.

"Insyaallah sebentar lagi para petani gambir ini akan segera panen,"ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia menambahkan, selama tahun 2018 pihaknya telah menyelesaikan beberapa kegiatan seperti sambungan jalan ke kebun dengan pengocoran untuk tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 450 meter, rehab jembatan gantung di Bayang bungo dan Irigasi di banda buah patai.

"Kemudian rehab berat sanitasi air bersih, rehab kantor walinagari dan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) satu unit,"tutupnya.(18)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube