Headline News

header-int

Pemilihan Kepala Daerah Serentak Akan Digelar Pada 23 September 2020

Senin, 09 September 2019, 16:47:22 WIB - 431 | Kontributor : Marlison
Pemilihan Kepala Daerah Serentak Akan Digelar Pada 23 September  2020

Pesisir Selatan-Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Oleh karena itu, semua pihak terkait mesti memahami skenario Pilkada serentak 2020 itu, dimana pemilihan harus dilakukan secara demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, rahasia, jujur dan adil. Sedangkan tahapan pemilihan terdiri dari tahap persiapan dan penyelenggaraan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar disela-sela kegiatan sosialisasi Peraturan KPU RI Nomoro 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020, Senin (9/9) di aula KPU setempat.

Kegiatan itu diikuti pimpinan/pengurus Parpol dan unsur pemerintah daerah yang dalam hal ini diwakili Kepala Bagian Kesbangpol Setdakab, Hardi Darma Putra.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, tahapan Pilkada sudah dimulai, salah satu pengajuan anggaran penyelenggaraan Pilkada 2020 kepada Pemkab Pesisir Selatan.

Lebih lanjut menurutnya, pimpinan Parpol mesti memahami skenario Pilkada serentak, dimana pemilihan harus dilakukan secara demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, rahasia, jujur dan adil. Sedangkan tahapan pemilihan terdiri dari tahap persiapan dan penyelenggaraan.

Paling lambat pada tanggal 1 Oktober 2019 dilaksanakan penandatanganan hibah anggaran Pilkada 2020 antara KPU dengan Pemerintah Daerah. Penyerlanggaran Pilkada harus terampung anggarannya.

Terkait soal pencalonan hendaknya juga menjadi perhatian serius oleh pimpinan Parpol yang ada. Sedangkan untuk pemilihan  akan dilaksanakan 23 September 2020.

Dua pekan kedepan KPU berharap pembahasan anggaran penyelenggaraan Pilkada 2020 sudah clear. Hal itu sangat penting, karena tahapan demi tahapan sudah dimulai.

Dikatakan, sosialisasi tentang Pilkada serentak 2020 juga dilakukan kepada masyarakat, melalui tatap muka dengan tokoh masyarakat di setiap kecamatan, persiapan data pemilih, bimbingan teknis kelembagaan bagi internal KPU dan lainnya. (03)

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube