Headline News

header-int

Pemkab Bangun Sentra Kuliner Perikanan Rp2,5 Miliar

Kamis, 05 Desember 2019, 06:57:02 WIB - 336 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Pemkab Bangun Sentra Kuliner Perikanan Rp2,5 Miliar

Painan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membangun sentra kuliner perikanan di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan, daerah setempat senilai Rp2,5 miliar pada 2020.

"Anggaran tersebut bersumber dari APBN, dengan uang sebesar itu akan dibangun 18 petak toko," kata Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal di Painan, Kamis (5/12).

Selain itu tambahnya, toko tersebut juga akan dilengkapi dengan gedung promosi dan gedung siap saji.

Di gedung promosi, kegiatannya fokus pada pengenalan berbagai olahan panganan yang berbahan dasar ikan, sementara di gedung siap saji pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai olahan ikan yang siap disantap.

"Di sentra kuliner perikanan akan diolah berbagai panganan berbahan dasar ikan seperti bakso ikan, nudget ikan, abon ikan dan lain sebagainya," kata dia.

Selain memberdayakan tenaga-tenaga terampil dalam pengelolaannya, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar.

"Masyarakat sekitar juga akan menjadi prioritas, karena keberadaan sentra kuliner perikanan bertujuan untuk memacu peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Keberadaan Sentra Kuliner Perikanan juga dimaksud untuk memacu perkembangan objek wisata Pantai Carocok Painan yang merupakan salah satu destinasi unggulan daerah.

"Sepanjang tahunnya Pantai Carocok Painan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik, keberadaan sentra kuliner perikanan akan memberi warna tersendiri bagi mereka," sebutnya.

Guna pengembangan Pantai Carocok Painan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga membangun pusat jajanan serba ada atau pujasera dengan anggaran pembangunnya Rp2,2 miliar dan ditarget rampung akhir tahun ini.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube