Headline News

header-int

Pemkab Dukung Pengembangan Ekowisata Di Limau Gadang Lumpo Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Rabu, 25 September 2019, 09:29:22 WIB - 241 | Kontributor : Marlison
Pemkab Dukung Pengembangan Ekowisata Di Limau Gadang Lumpo Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Pesisir Selatan-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendukung pengelolaan dan pengembangan Ekowisata di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai. Hal itu dikatakan Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, Rabu (25/9).

Dengan pengembangan Ekowisata berbasis perberdayaan masyarakat itu, maka diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan memudahkan pengunjung untuk berwisata.

Ia menambahkan, potensi Ekowisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo seperti Batu Biduak yang telah melegenda, Camping Ground, Pemandian Alam Lubuk Panjang, Air Terjun Lumpo dan beberapa ngalau. Objek wisata tersebut saling berdekatan dan mempunyai keindahan yang berbeda-beda.

Sedangkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan adalah camping, hiking, memotret, santai menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna, jelasnya.

Sementara itu Pessel memiliki enam sungai yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata arung jeram, sebab kondisi sungainya berbatu besar dan curam serta menantang. Tetapi, potensi sungai tersebut belum dikelola dengan maksimal menjadi lokasi arung jeram.

Walinagari Limau Gadang Lumpo, Nasrul Datuak Rajo Bagindo juga menyambut positif pengembangan kawasan Ekowisata, karena nagari ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata, salah satunya arum jeram.

Menurutnya, aliran sungai yang mengalir disepanjang nagari ini sangat potensial dikembangkan sebagai wisata atraksi. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat akan potensi tersebut sehingga pengembangannya mampu membawa dampak ekonomi.

"Selain arum jeram, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti camping, hiking, memotret, santai menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna, uca. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube