Headline News

header-int

Pemkab Pesisir Selatan Kembangkan Usaha Ekonomi Kreatif Dan Desa Wisata

Kamis, 24 Juni 2021, 11:47:16 WIB - 388 | Kontributor : Marlison
Pemkab Pesisir Selatan Kembangkan Usaha Ekonomi Kreatif Dan Desa Wisata

Pesisir Selatan-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan desa wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kedepan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansah di Painan, Kamis (24/6).

"Ya, di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sejumlah sub sektor ekonomi kreatif yang berkembang di pasar domestik/mancanegara seperti kuliner, fashion dan seni pertunjukan. Pengembangan usaha ekonomi kreatif itu harus menjadi perhatian bersama," katanya.

Dikatakan, dengan pandemi ini sub sektor ekonomi kreatif, UMKM dan pariwisata secara umum sangat merasakan dampak yang luar biasa. "Kita berharap agar pemerintah pusat membantu peningkatan usaha ekonomi kreatif tersebut," harapnya.

Dikatakan lagi, selain usaha ekonomi kreatif, Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki beberapa desa wisata seperti Perkampungan Sulaman Bayangan, Perkampungan Batik, Desa Wisata Limau Gadang, Desa Wisata Sako Gambir Tapan, Desa Wisata Pelangai, Desa Wisata Sungai Nyalo dan Desa Wisata Sungai Pinang.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah berkomitmen dalam penyelenggaraan Pariwisata Halal yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 1 Tahun 2020. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sendiri juga memiliki komitmen yang sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan Pariwisata Halal di daerah ini. 

"Kami percaya bahwa pariwisata halal adalah sebuah solusi dalam mempersiapkan destinasi di tengah pandemi. Mudah-mudahan prinsip pariwisata halal akan menjadi kebiasaan baru, sehingga wisatawan dan kita semua palaku pariwisata merasa aman dan nyaman," ucapnya. (03)
    
    
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube