Headline News

header-int

Pemkab Pessel akan Bangun 41 Jalur Evakuasi Tsunami

, 30 Maret 2011, 09:02:00 WIB - 430 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Maret----

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Pessel menyebutkan sedikitnya ada 41 ruas jalur evakuasi tsunami yang akan dibuat dalam mengantisipasi bencana yang mungkin akan terjadi.

"41 jalur evakuasi ini tersebar dalam beberapa kecamatan yang dekat atau berada disepanjang garis pantai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan ,Nasharyadi, Rabu (30/3)

Pemerintah secara bertahap tetap berupaya melanjutkan pembangunan jalur evakuasi dengan bekerjasama dengan swadaya masyarakat terutama pada daerah yang dinilai rawan.

"Pada beberapa daerah gotong royong masyarakat ini sangat membantu sehingga memudahkan pemerintah dan tinggal memperlancar akses yang akan dilewati ," tambahnya.

Sementara Pesisir Selatan (Pessel) memiliki tiga nagari siaga bencana tsunami diantaranya nagari Sago, salido dan Surantiah karena tiga nagari ini memiliki daerah ketinggian yang bisa dijadikan sebagai tempat evakuasi.

"Dengan dijadikanya tiga nagari ini sebagai nagari siaga bencana, sehingga pmerintah daerah bisa melakukan sosialisai secara langsung kepada masyarakat melalui simulasi-simulasi yang dilakukan," pungkasnya.

Menurutnya, dengan pengembangan program nagari siaga sehingga memudahkan dalam melaksanakan sosialisasi, tapi juga di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai sebagai mana direncanakan.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube