Headline News

header-int

Pemkab Pessel Akan Mulai Pembangunan Masjid Terapung Carocok Painan

Senin, 06 Mei 2019, 15:50:20 WIB - 2570 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Pemkab Pessel Akan Mulai Pembangunan Masjid Terapung Carocok Painan

Pesisir Selatan,- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal memulai rencana pembangunan Masjid terapung di kawasan objek wisata Carocok Painan pada tahun ini.

"Pembangunan masjid terapung di kawasan pantai Carocok Painan, segera dimulai tahun ini," ungkap Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Senin 6 Mei 2019.

Ia mengatakan, hadirnya rencana pembangunan masjid terapung di Pantai Carocok Painan adalah salah satu bukti konsisten Pemkab dalam mewujudkan pariwisata halal.

"Ini sangat bagus, akan menambahkan keindahan Carocok, sebagai ikon pariwisata terbaru di Pesisir Selatan," sebutnya.

Dia menjelaskan pembangunan masjid terapung, bisa melayani pengunjung wisata khusus yang beragama Islam dalam menunaikan ibadah dan menjadi wisata religi.

"Kita harapkan semua pengunjung ketika datang ke Kawasan Pantai Carocok Painan pelaksanaan ibadahnya tidak terganggu," ulasnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf mengutarakan, rencana pembangunan masjid terapung akan menghabiskan APBD sebesar Rp 27,5 miliar. 

"Pelaksanaannya dengan  sistem multi years tahun 2019 dan 2020" kata Era Sukma Munaf.

Lanjutnya, lokasi pembangunan masjid terapung tersebut direncanakan di bibir pantai Carocok persisnya di arah timur pulau Batu Kereta.

"Saat ini pembangunan masjid terapung tersebut sedang dalam proses persiapan tender dan akan segera dilanjutkan,"tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana akan mendirikan Masjid terapung di kawasan objek wisata Carocok Painan sebagai ikon detinasi wisata baru di daerah tersebut.

Seperti yang dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, rencana pembangunan mesjid terapung tersebut akan direalisasikan pada tahun 2019 depan, dengan akumulasi biaya sebesar Rp20 miliar.

Dia menjelaskan, terkait rencana pembangunan masjid terapung tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan detail engineering design atau DED, dan akan mulai dikerjakan pada 2019.

"2019 gambarnya sudah selesai dan pengerjaannya akan dilaksanakan dengan tahun jamak secara angsur-angsur," jelasnya.

Sedangkan, Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra belum sepenuhnya merestui keinginan tersebut. Menurut Dedi Rahmanto Putra, pihaknya akan memastikan dulu konsep yang direncanakan pemkab.

"Untuk rencana mesjid terapung, kita ingin memastikan dulu soal konsepnya, terutama terhadap lingkungan. Karena posisinya berada diperairan pantai," sebutnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube