Headline News

header-int

Pemkab Pessel Akan Terus Upayakan Pembukaan Jalan Kambang Muaro Labuh

Senin, 07 Januari 2019, 19:30:31 WIB - 471 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Pesisir Selatan 7/1/2019-- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyebutkan jalan tembus dari Kambang menuju Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat yang masih diupayakan sebab pembukaan jalan ini akan memperkuat pariwisata dan ekonomi di dua daerah itu.

"Untuk membantu ekonomi masyarakat, pembangunan, serta pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan telah menyampaikan ke Kementrian Lingkungan Hidup (LH), agar bisa merealisasikan izin pembangunan jalan Muaro Labuh-Kambang. Kita, dari Pemda Pessel diminta untuk membuat proposal rencana Pembangunan jalan ini," ujarnya Senin (7/1) 

Menurutnya dengan dibukanya jalan Muaro Labuh-Kambang Kabupaten Pesisir Selatan selain mampu mendongkrak Ekonomi masyarakat, pembangunan Kabupaten Pessel, pariwisata. Keberadaan jalan Muaro Labuh-Kambang mempunyai sejarah historis yang dekat, dengan Pemkab Pesisir Selatan. " Segi Tiga Emas ".

Dan selain disampaikan di Kementerian LH, Hendrajoni juga menyampaikan rencana pembangunan jalan Muaro Labuh - Kambang kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah Pusat juga bisa merealisasikan pembangunan jalan ini. Demi kepentingan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, serta tercapainya visi dan misi Pemkan Pessel bisa terwujud.

Dijelaskannya saat ini jarak tempuh dari Pesisir Selatan ke Solok Selatan bisa menghabiskan waktu tujuh sampai delapan jam berkendaraan, namun jika jalan tembus terwujud wisatawan hanya menghabiskan waktu lebih kurang dua jam.

Nantinya dengan adanya jalan tembus tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke dua daerah karena wisatawan tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendatangi lokasi.

Menyebutkan jalan yang sedang diupayakan terkendala karena jalan tersebut melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Pada umumnya masyarakat yang menetap di Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti daerah setempat merupakan keturunan masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu, Solok Selatan yang dahulunya berpindah melewati jalan yang direncanakan saat ini.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube