Headline News

header-int

Pemkab Pessel, optimalkan TDS sebagai promosi Mandeh ke Internasional

Selasa, 20 Agustus 2019, 19:55:53 WIB - 170 | Kontributor : Mario Rosy
Pemkab Pessel, optimalkan TDS sebagai promosi Mandeh ke Internasional

Pesisir Selatan.

Dijadikan kawasan Mandeh sebagai rute etape balap Sepeda Tour De Singkarak Tahun 2019 di helat bulan November mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan sejauh ini terus melakukan persiapan, sekaligus menjadikan moment TDS tersebut sebagai wadah kenalkan lagi kawasan wisata Mandeh ke tingkat Internasional. Selasa (20/8).

Pada even TdS tahun 2019 ini, dua Provinsi akan tuan rumah gelaran balap sepeda, yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo menuturkan, rute etape Tour de Singkarak (TdS) 2019 bakal melalui dua provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi.

"Bergabungnya Jambi pada TdS 2019 ini, bakal memberikan suasana baru bagi pebalap internasional nantinya," ujarnya.

Untuk diketahui dua daerah di Provinsi Jambi dipastikan masuk dua etape Tour de Singkarak (TdS) 2019. Hanya saja, terdapat perubahan dari rencana sebelumnya, pebalap tidak melintasi perbatasan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat – Kota Sungai Penuh, Jambi.

Batalnya star dari Solok Selatan, berdasarkan evaluasi jalur perbatasan yang sepi penonton serta kurangnya daya tampung penginapan di Muaro Labuah, ibukota Kabupaten Solok Selatan untuk seluruh pebalap.

"Kami terus berupaya agar pelaksanaan even tahunan ini berjalan maksimal di Pessel. Sebab, upaya dan penyegaran rute ini perlu dilakukan agar para pebalap sepeda dunia lebih banyak lagi peminatnya," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk kesiapan daerah pada Etape VIII Sungai Penuh-Pesisir Selatan dan Etape IX Pesisir Selatan-Padang, pihaknya sudah melakukan perencanaan sebaik mungkin mulai dari kesiapan jalur yang bakal dilewati pebalap maupun dari segi anggaran.

"Tahun ini, kami ada penambahan anggaran pada APBD perubahan sekitar Rp1 miliar. Untuk rute dari utara hingga selatan, Insya Allah sudah dalam kondisi baik," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk penyambutan tamu pada pehelatan TdS sendiri, pihaknya bakal menyiapkan sebanyak 200 kamar hotel dan home stay di daerah itu. 

"Kami meminta pada pemilik hotel atau home stay agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kemudian masyarakat agar selalu ramah pada pengunjung," tuturnya.

Tour de Singkarak ke 11 ini, rencananya bakal digelar pada 2 sampai 10 November 2019 mendatang, rute terbagi sembilan dengan grand star di Kota Pariaman dan grand finish di Kota Padang. Kemudian Provinsi Jambi akan berpartisipasi pada Etape 7 yang direncanakan start di Kayu Aro dan finish di Kerinci, kemudian Etape 8 star dari Sungai Penuh dan finish di Pesisir Selatan. (01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube