Headline News

header-int

Pemkab Pessel Tingkatkan Infrastruktur Pasar Secara Bertahap

, 19 Mei 2010, 00:00:00 WIB - 501 | Kontributor :

Painan, Mei

Guna menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pasar tradisional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan akan melakukan peningkatan infrastruktur pasar itu secara bertahap. Selain itu juga mengingat sebagian besar masyarakat pedagang di Daearah ini masih tergolong pedagang kecil.

"Campur tangan dinas terkait juga tidak bisa diabaikan untuk penambahan PAD dari pasar tradisional ini. Selama ini pasar-pasar tradisional yang ada belum seberapa yang bisa menambah PAD," ungkap Bupati Pesisir Selatan, H Nasrul Abit kepada pesisirselatan.go.id di Painan kemaren.

Kondisi yang terjadi saat ini, sebagian besar pasar tradisional di Pessel bukanlah milik pemerintah, tapi milik Nagari. Akibatnya, Pemerintah Daerah tidak bisa campur tangan dalam pengelolaan. Karena kondisinya yang demikian, sehingga keberadaan pasar tradisional di Pesisir selatan tidaklah memberikan keuntungan bagi daerah dalam bentuk PAD.

"Kedepannya, Pemerintah akan berupaya melakukan pembangunan infrastruktur pasar tradisional. Meski milik nagari, pengelolaannya nanti akan dibantu oleh Pemkab melalui dinas terkait. Keberadaan pasar ini merupakan basis terdepan kekuatan ekonomi masyarakat di Daerah," imbuhnya.

Beberapa pasar tradisional milik nagari yang sudah di bangun melalui anggaran APBD adalah pasar Kambang di Kecamatan Lengayang. Pasar ini sangat di kenal dengan pasar serikat, sebab pasar ini dimiliki oleh dua nagari yang letaknya di perbatasan Nagari yakni Lakitan dengan Nagari Kambang.

Hal serupa juga berlaku bagi pasar tradisional Barung Barung Belantai di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pasar Kamis Koto Baru Lengayang, pasar Rabu Lakitan, Pasar Labuhan Ranah Pesisir, pasar Koto Barapak Bayang, pasar Punggasan Linggo Sari Baganti dan pasar Surantiah Sutera. Untuk kerjasama pengelolaannya, Pemkab tengah melakukan koordinasi dengan pihak nagari. Sehingga pasar ini juga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD Pessel.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube