Headline News

header-int

Pencanangan BBGRM Pessel dilaksanakan di Nagari Duku

, 19 April 2010, 00:00:00 WIB - 578 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Tarusan,----

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Pessel ditempatkan di Nagari Duku Kecamatan Koto XI Tarusan. Nagari Duku dipilih sebagai tempat upacara pelaksanaan BBKRM tersebut merupakan kehormatan, karena nagari itu berhasil meraih nagari berprestasi tingkat Kabupaten tahun 2010.

Bupati Pesisir Selatan, H Nasrul Abit dalam sambutannya pada upacara pencanangan BBGRM dan HUT Sat Linmas ke 48 di Duku mengatakan, BBGRM dilaksanakan sebagai gerakan Nasional, yang mana pelaksanaannya dilakukan setiap tahunnya diseluruh daerah.

BBGRM merupakan suatu kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Tujuan dan sasaran yang ingin disampaikan adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

H Nasrul Abit menegaskan, jadikan BBGRM momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan melalui peran nyata dalam berbagai aktivitas pembangunan. Semangat gotong royong berbasis pada nilai - nilai sosial budaya, ini telah mengakar sejak duhulunya di Pessel, di Sumbar umumnya.

Tema HUT Sat Linmas kali ini mengambil tema "Satuan perlindungan masyarakat siap mendukung suksesnya penyelenggaraan pilkada tahun 2010".

Tema ini diambil dengan eksistensi SatLinmas selama ini sebagai pengamanan langsung yang merupakan bagian dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) karena pada 30 juni nantidilaksanakan pemilihan kepala daerah(pilkada).

Pada pilkada nanti katanya, Satuan Linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan didaerah agar dapat tercipta situasi yang kondusif serta terwujudnya rasa aman dan tentram dimasyarakat.

Kesiapsiagaan linmas ini tertuang dalam surat Kementerian Dalam Negeri No.331.1/248/sj pada 29 januari 2010 tentang peningkatan kesiapsiagaan dan keterlibatan Satpol PP dan linmas dalam penyelenggaraan pilkada 2010.

Ditambahkan, jajaran anggota Satuan Linmas dapat menambah tingkat kedewasaan, kualitas serta kuantitasnya dalam melakukan pengabdian pada masyarakat.

"Tingkatkan kapasitas kinerja agar lebih berkualitas dan mempunyai disiplin tinggi. Melalui berbagai pelatihan dan penyuluhan dan bimbingan teknis, tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait. Tingkatkan peran aktif menjaga citra baik dan meningkatkan kinerja serta pengabdian kepada masyarakat" ucapnya(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube