Headline News

header-int

Penilaian Nagari Berprestasi Dimulai

Kamis, 28 Maret 2019, 14:32:46 WIB - 341 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Penilaian Nagari Berprestasi Dimulai

Pesisir Selatan - Pemerintah Kabupaten setiap tahunnya mengadakan penilaian nagari berprestasi . Setiap kecamatan mengutus setiap nagari di wilayahnya yang dinilai memiliki keunggulan dari nagari lainnya dan nantinya akan dinilai oleh Tim Penilai Lomba Nagari Tingkat Kabupaten . 

Untuk itulah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel membentuk Tim Penilai Lomba Nagari Tingkat Kabupaten Tahun 2019.Tim itu terdiri dari berbagai unsur perangkat daerah terkait, unsur masyarakat, akademisi dan lainnya.

Hal itu disampaikan  Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa,Pengendalian Penduduk dan KB Hamdi Kamis (28/3) mengungkapkan, penilaian nagari berprestasi tingkat kabupaten tahun 2019 berdasarkan Permendagri No.81 tahun 2015 Tentang Evaluasi Desa dan Kelurahan. Penilaian tersebut lebih difokuskan pada tiga aspek yaitu pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Nanti di nilai setiap nagari sejauh mana pemerintah nagari itu mampu menjalankan roda pemerintahaan, penataan dan pembangunan kewilayahan,  memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di berbagai bidang dan lainnya," ucapnya.

Disebutkan, lomba nagari berprestasi bukanlah kegiatan seremonial belaka, akan tetapi merupakan kegiatan evaluasi dan melihat sejauh mana peran serta masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta tahap pelestarian.Kemudian peninjauan lapangan oleh tim penilai nantinya dimaksudkan melihat kegiatan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat sebagaimana ekspos walinagari, ketua LPM dan ketua TP PKK.

Sedangkan bidang-bidang yang dinilai adalah pemerintahan dan partisipasi masyarakat, pendidikan, kesehatan, ekonomi, PKK, keamanan, ketertiban, lembaga kemasyarakatan dan muatan lokal.

Menambahkan, keberhasilan nagari dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas kepemimpinan walinagari dan lembaga kemasyarakatan nagari. Hal ini harus didukung oleh niat, semangat, motivasi, kerjasama, koordinasi dan keterbukaan kepada semua pihak, ulasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube