Headline News

header-int

Peran Aktif Semua Pihak Dukung Pariwisata Dibutuhkan

Minggu, 03 Juni 2018, 15:59:25 WIB - 233 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Peran Aktif Semua Pihak Dukung Pariwisata Dibutuhkan

Painan,3/6/2018--Pembenahan Kawasan Mandeh mesti dilakukan terutama pembenahan di tingkat pengelolaan kawasan wisata, perparkiran, keamanan serta arus tranportasi masuk dan keluar objek wisata yang memang selama ini menimbulkan permasalahan,yaitu kemacetan yang panjang. 

Pengiat pariwisata Sumbar Andrinof Chaniago pada diskusi  bersama antara masyarakat,Kepala Dinas Pariwisata, Mawardi Roska, Walinagari dan pengiat pariwisata Sabtu (2/6) di Sei Nyalo.  Menurutnya pembenahan menjelang lebaran perlu dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Kekurangan yang terjadi pada tahun lalu agar tidak terjadi lagi seperti adanya wisatawan yang ditinggalkan operator boat, masalah sampah hingga masalah pakir yang sembarutan. 

"Kita berharap semua pihak bisa berperan aktif demi kemajuan pariwisata, apalagi perkembangan pariwisata telah membawa dampak besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Periwisata ekonomi kreatif Mawardi Roska Sabtu (2/6) mengatakan pembenahan dilakukan yang penting adalah pada arus transportasi menuju objek wisata terutama Kawasan Mandeh dan Cerocok Painan yang selalu mengalami kemacetan karena ramainya kendaraan pengunjung keluar dan masuk lokasi. 

Untuk kelancaran arus lalu lintas keluar dan masuk lokasi objek wisata Pantai Carocok Painan, Mandeh dan kawasan lainnya bekerjasama dengan pihak terkait baik yang telah disiagakan diantaranya personil gabungan kepolisian, Satpol PP, TNI dan Dinas Perhubungan . 

Sebelum lebaran akan  dilakukan rapat koordinasi dengan pihak Kecamatan dan kenagarian hingga pelaku wisata  tentang pengelolaan kawasan  pada liburan lebaran nantinya, dan tahapan awal kita juga menyediakan berbagai sarana prasarana yang sangat pital ada di kawasan ini nantinya seperti tong sampah, mck dan lokasi pakir. 

Khusus untuk kawasan Mandeh lokasi pakir dipokuskan di 2 titik yaitu di sekitar panorama dan kawasan pasar lama di Carocok Tarusan. Dan mengenai ongkos pakir Pemerintah Kecamatan bersama pemerintah nagari telah berkoordinasi untuk menentukan harga pakir sesuai dengan aturan yaitu sesuai dengan jenis kendaraan sehingga tidak adanya perbedaan tarif seperti pemerasan yang merugikan pengungjung dan merusak nama baik kawasan Mandeh. 

"Kita telah mengingatkan kepada para pengelola pakir nantinya agar bisa menarik tarif pakir sesuai dengan kesepakatan sehingga tidak adanya keluhan pengunjung nantinya karena tarif pakir yang cukup tinggi," ujarnya 

Ditambahkannya, selain tarif pakir, sewa jasa pengangkutan laut seperti boat/perahu yang akan digunakan oleh pengunjung untuk berkeliling kawasan Mandeh  juga ditertibkan, dimana sewa boat/ perahu warga disesuaikan dengan arah, jarak serta lamanya pengungjung mengunakan jasa tersebut. 

"KIta memang akui banyak kekurangan sarana dan prasarana di kawasan wisata Mandeh, apalagi kawasan Mandeh  masih menjadi kawasan wisata baru tentu akan banyak kendala ditemui dilapangan, namun kita yakin jika kesadaran masyarakat tinggi dalam menjaga nama baik daerah semua kendala itu pasti bisa dilalui dengan baik,"ujarnya. 

Selain itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga menghimbau kepada pengunjung agar bisa menjaga ketertiban dan kesopanannya, begitu juga diharapkan kepada pengunjung bisa meningkatkan kesadarannya dalam menjaga kebersihan kawasan dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan di kawasan tersebut. 

"Untuk mengingatkan pengunjung agar bisa membuang sampah pada tempatnya kita memasang beberapa spanduk dan pamplet dikawasan ini untuk mengingatkan pengungjung bisa membuang sampah pada tempatnya,"ujarnya (07).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube