Headline News

header-int

Perbankan Harus Ikut Pulihkan Ekonomi Kreatif Karena Pandemi

Senin, 16 November 2020, 15:39:23 WIB - 477 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Perbankan Harus Ikut Pulihkan Ekonomi Kreatif Karena Pandemi

Pesisir Selatan --Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan lakukan pertemuan bersama dengan Bank Nagari Painan terkait keterlibatan pihak perbankan untuk memulihkan ekonomi khususnya dibidang pariwisata karena terdampak Pandemi covid 19.

"Pemerintah Daerah Pesisir Selatan mengharapkan Bank Nagari melakukan upaya pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan. Karena pandemi covid 19 sektor pariwisata sangat terdampak," ujarnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Pesisir Selatan Hadi Susilo Senin(16/11).

Menjelaskan pertemuan pihak dengan Bank Nagari Cabang Painan selain untuk silaturahmi juga mengharapkan pihak perbankan bisa ikut membantu ekonomi kreatif khususnya dibidang pariwisata seperti kuliner,kerajinan yang terdampak karena pandemi terutama dalam segi permodalan. 

"Apalagi Bank Nagari Painan memililk Program KMK Simamak untuk membantu modal. Dan ini diharapkan bisa menyasar pada ekonomi di kepariwisataan," ujarnya

Selain itu pada pertemuan itu juga dibicarakan terkait rencana sistem e retribusi wisata yang sempat tertunda karena Pandemi. "Kita akan rencanakan pada tahun 2021 menerapkan e retribusi. Dengan berkerjasama dengan Bank Nagari," ujarnya 

Sementara itu Pimpinan Bank Nagari Painan Heri Fitrianto mengungkapkan pada pertemuan ini Bank Nagari diminta untuk melengkapi sarana pembayaran non tunai QRIS diseluruh fasilitas pariwisata dan pendukungnya, bekerjasama dengan dinas terkait lainnya.Melanjutkan pembangunan sistem e retribusi wisata. 

"Bank Nagari juga diminta bersinergi dengan even-even kepariwisataan, pembiayaan pelaku wisata dan ekonomi kreatif.Dukungan pembiayaan bunga ringan dari Bank Nagari untuk Pemulihan pelaku usaha pariwisata,"  ujarnya 

Heri menilai program Dinas Pariwisata Pesisir Selatan  tersebut sesuai dengan visi dan misi Bank Nagari sebagai Bank Pembangunan Daerah, maka program-program kepariwisataan sebagai salah satu sektor unggulan Pesisir Selatan dan sarana pembayaran non tunai serta digitalisasi transaksi pelaku usaha serta Pemerintah Daerah saat ini sangat tepat dipersiapkan sehingga ekonomi Pesisir Selatan dapat terbantu.

Pinca Bank Nagari yang juga  Dosen di STIEPI dan UIN Imam Bonjol Padang ini juga siap menjadi instruktur pelatihan pengelolaan keuangan UMKM Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"IT Bank Nagari juga siap mendukung, seiring dengan pengembangan Elektronifikasi Transaksi Pemda Untuk Mendorong Transformasi Digital dan Pertumbuhan Ekonomi," ujarnya 

Hadir pada kegiatan ini  Kepala Dinas Pemuda Olahraga Hadi Susilo,Kabid Pariwisata Yohendro Nasti dan Kabid Ekonomi Kreatif. Dari pihak Bank Nagari dihadiri langsung Pimpinan Bank Nagari  Cabang Painan Heri Fitrianto,Pemimpin Seksi Kredit Produktif Randy Rizki dan Marketing Officer Ade Putra 

Kegiatan ini juga diramaikan dengan Surprise Gift dari Kadai Nagari Pasisia member of N digi Society Bank Nagari Cabang Painan, bagi-bagi gift hadiah souvenir dengan scan QRIS Nagari Mobile Banking(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube