Headline News

header-int

Peserta Pelatihan Keselamatan dan Keamanan Disparpora Studi Banding ke Ampiang Parak

Minggu, 18 Juni 2023, 13:10:45 WIB - 115 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Peserta Pelatihan Keselamatan dan Keamanan Disparpora Studi Banding ke Ampiang Parak

Pesisir Selatan  --- Sebanyak 40 orang anggota Anggota Sadat Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Pesisir Selatan melakukan studi lapangan ke Kawasan laskar Peduli Lingkungan Ampiang Parak Kamis (15/6). Studi lapangan ini terkait keselamatan dan kenyamanan di destinasi . 

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), Anton Mahendra mengungkapkan pada kegiatan studi lapangan sengaja mengambil kawasan ini karena dinilai mampu memberikan pemahaman kepada peserta untuk menambah pengetahuan mereka terkait keselamatan dan kenyamanan wisatawan ketika berwisata. 

"Di studi lapangan ini sengaja kita memberikan pemahaman langsung kepada peserta . Dengan tujuan peserta mendapatkan edukasi terkait keselamatan dan kenyamanan di destinasi wisata," ujarnya 

Diterangkan banyak kecelakaan atau insiden terjadi jika tidak memperhatikan keselamatan pengunjung. Sebab itu akan beresiko pada kelanjutan kawasan. Kawasan akan menjadi perhatian dan nilai buruk jika semua itu diabaikan," ujarnya 

Menjelaskan kesiapan dan kesiagaan pengelola kawasan wisata harus selali ditingkatkan. Sebab kecelakaan dan insiden pada kawasan wisata bisa terjadi kapan saja. Karena itu harus selalu disiapkan. 

Diterangkan kegiatan ini mengunakan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. Dan mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya dari Basarna, BPBD Provinsi dan pengiat pariwisata.

Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pembelajaran secara praktis untuk meningkatkan pemahaman ketrampilan dan pengetahuan sikap nilai yang benar dalam keamanan dan keselamatan destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube