Headline News

header-int

Pesisir Selatan Dukung Eksistensi RAPI

Rabu, 17 Jul 2019, 08:27:38 WIB - 29 | Verifikator : Tim Verifikator
Pesisir Selatan Dukung Eksistensi RAPI

Painan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendukung eksistensi kepengurusan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di daerah setempat karena dinilai memiliki peran positif dalam mendukung pembangunan daerah.

"RAPI bersama beberapa organisasi lainnya kami dukung keberadaannya, karena banyak sedikitnya akan memiliki peran dan sumbangsih dalam kemajuan daerah," kata Asisten III Sekretariat Daerah setempat, Wendi di Painan, Rabu.

Menurutnya melalui RAPI pemerintah daerah akan lebih mudah merangkul masyarakat terutama para anggotanya untuk terlibat dalam pembangunan.

"Hebatnya RAPI di sana, karena setelah kami melibatkan organisasi ini pesan pembangunan akan menjadi pembicaraan hangat bagi anggotanya melalui jaringan radio handy talkie," imbuhnya.

Ia menjelaskan pembangunan dimaksud tidak hanya fisik namun pesan kebaikan seperti menjauhi narkoba, membantu korban bencana merupakan bagian dalam pembangunan dan saling berkaitan.

Menurut Wendi peran RAPI hingga saat ini belum tergantikan terutama saat terjadinya bencana besar seperti gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter yang melanda Kota Padang pada 2009 hingga tsunami di Mentawai pada 2010.

"Saat dua bencana itu terjadi telepon seluler kehilangan fungsinya karena jaringan tidak tersedianya. RAPI dengan radio handy talkie menyampaikan data dan informasi valid sehingga penanganan bencana berlangsung dengan maksimal," sebutnya.

Sebelumnya pada Sabtu (13/7) kepengurusan RAPI Pesisir Selatan 2019-2023 dilantik dan dikukuhkan oleh Wakil Ketua RAPI Sumbar, Yona Tanjung dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah termasuk Asisten III Sekretariat Daerah Pesisir Selatan, Wendi dan perwakilan pengurus RAPI se-Sumatera Barat.

Ketua RAPI Pesisir Selatan dijabat oleh Okiawarman, sekretaris, Reky Putra Gunawan JZ03NRI, wakil ketua I, Mufti Joni JZ03NPS, wakil ketua II, Wandi Jusri, JZ03NWD dan wakil ketua III, Hendro Kurniawan JZ03NHK.

Kontributor : - Author Resmi Pemerintah Kab. Pesisir Selatan

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan [removed][removed]
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube