Headline News

header-int

Pesisir Selatan Terapkan CBT Kembangkan Pariwisata

Senin, 09 Sep 2019, 12:31:25 WIB - 13 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Pesisir Selatan Terapkan CBT Kembangkan Pariwisata

Painan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menerapkan Commaunity Based Tourism (CBT) atau pariwisata berbasis masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup warga di sekitar objek wisata.

"Hal itu diaplikasikan KWBT Mandeh dengan harapan berdampak positif pada perekonomian masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo di Painan, Senin.

Menurut dia menerapkan konsep community based tourism (CBT) butuh dukungan sebab sasaran dari program ini adalah masyarakat terutama para pemudanya.

Hal itu ungkapnya juga sejalan dengan rencana pengembangan Kawasan Mandeh yang berbasis kemasyarakatan.

"Hal itu memang perlu sebab selain membangun insfrastruktur pemberdayaan kepada masyarakat perlu dilakukan," ungkapnya.

Percuma insfrastruktur dibangun namun pola pikir masyarakat tidak berubah untuk menjadi tuan rumah yang baik.

"Tuan rumah yang baik maksudnya tidak hanya sebatas bersikap ramah namun lebih dari itu bisa menangkap peluang dari kedatangan wisatawan," katanya lagi.

Melalui hal itu diharapkan ekonomi masyarakat tumbuh seiring dengan terus berkembangnya KWBT Mandeh dari waktu ke waktu.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube