Headline News

header-int

Pessel Anggarkan Rp 150 Juta Untuk Pelatihan Siaga Bencana

, 22 Februari 2013, 19:18:00 WIB - 279 | Kontributor : M. Joni, S.H

Painan, Februari 2013.   

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2013, akan tingkatkan pelatihan kesiagaan bencana kepada masyarakat.

Upaya ini dilakukan mengingat Pessel tergolong salah satu daerah rawan bencana di Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Doni Gusrizal mengatakan ke pesisirselatan.go.id bahwa pelatihan kesiagaan bencana ini akan dilakukan secara maksimal.

Mereka yang dilatih ini adalah yang tergabung pada Kelompok Siaga Bencana (KSB), namun mereka juga diminta mengaplikasika ilmunya kepada masyarakat setelah selesai mengikuti pelatihan.

" Di Pessel jumlah Kelompok Siaga Bencana (KSB) mencapai 100 orang lebih, mereka tersebar di 15 kecamatan yang ada. Untuk menunjang pelatihan kesiagaan itu, sehingga daerah menganggarkan biaya sebesar Rp 150 juta pada tahun 2013 ini dalam APBD," katanya.

Ditambahkanya bahwa melalui penganggaran itu, BPBD Pessel akan bisa lebih maksimal memberikan pelatihan kepada anggota KSB itu. Sebab dengan pelatihan itu mereka akan lebih maksimal lagi dilapangan ketika menghadapai bencana, terutama dalam hal memberikan pertolongan atau penyelamatan warga.

" Anggota KSB merupakan warga terlatih, ketika terjadi bencana diwilayah kerjanya, mereka akan berada di garda terdepan, sebelum tim penyelamat lainya sampai kelokasi bencana itu terjadi. Dari itu pelatiah kesiagaan bencana dengan mendatangkan pelatih profesional perlu dilakukan," tukuknya. (05

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube