Headline News

header-int

Pessel Butuh Tenaga Terlatih Dalam Penanganan Bencana

, 24 Agustus 2010, 05:39:00 WIB - 788 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan Agustus ----

Pesisir Selatan sangat rawan akan segala bencana. Ini sesuai dengan letak geografis kabupaten itu yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, daerah perbukitan dan banyaknya Daerah Aliran Sungai (DAS). Mengingat hal itu, sedininya Pessel sudah harus menyiapkan segala macam yang berhubungan dengan penanggulangan, jika bencana itu terjadi.

Mulai banjir, tsunami, tanah longsor dan lain-lainnya lengkap disini. Semua itu sudah pernah terjadi di Pesisir Selatan selama ini. Untuk penanggulangan berbagai bencana tersebut memang masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi. Mulai peralatan, perlengkapan sampai pada tenaga (orang) yang terlatih untuk menangani penanggulangan bencana tersebut, ungkap Kepala kantor Kesbang Linmas Pol Kabupaten Pesisir Selatan, Suardi kepada pesisirselatan.go.id diPainan tadi pagi.

Tenaga yang andal (terlatih) dan perlengkapan tersebut sangat menentukan untuk keberhasilan dalam hal penanganan penanggulangan bencana. Selama ini di Pesisir Selatan masih kurang.

Untuk penyimpan segala peralatan (perlengkapan) tersebut juga sangat diperlukan adanya tempat yang presentatif atau gudang penyimpan. Dengan adanya gudang tersebut, maka semua peralatan yang selesai digunakan selama penanggulangan bencana akan bisa terpelihara dengan baik disatu tempat.

Seperti sebelumnya, meskipun ada beberapa peralatan atau perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki Pemerintah Kabupaten ini, belum bisa terpelihara dengan baik. Karena gudang penyimpanan itu belum dimiliki Pemerintah Kabupaten setempat.

Kita akan mengupayakan pembuatan gudang ini, supaya seluruh peralatan atau asset yang dimiliki untuk penanggulangan bencana bisa disimpan disatu tempat. Selama ini, setiap peralatan yang digunakan oleh petugas atau instansi terkait lainnya untuk penanggulangan bencana yang terjadi selama ini belum lagi terletak disatu tempat. Sehingga sulit untuk dikontrol dalam melakukan perawatan, imbuhnya.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube