Headline News

header-int

Pessel Dapat Bantuan Kapal Patroli Menteri Kelautan

, 31 Maret 2011, 02:55:00 WIB - 387 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Maret----

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan menerima bantuan satu unit kapal patroli dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan pada bulan Juni 2011. Bantuan kapal tersebut akan dimanfaatkan untuk pengawasan kawasan perairan Pesisir Selatan dari aksi penangkapan ikan secara Ilegal serta menggunakan alat tangkap yang dilarang seperti pukat harimau.

"Kini perairan Pesisir Selatan masih ditemukan aksi pencurian ikan dan penangkapan ikan dengan peralatan terlarang," Kata Bupati Pessel, Nasrul Abit Ia menambahkan, berkurangnya pendapatan nelayan bisa terjadi disamping rusaknya ekosistem ikan dan terumbu karang karena minimnya sarana pengawasan perairan yang dimiliki.

Selain itu, penangkapan ikan tanpa izin dengan menggunakan alat tangkap yang dilarang sering mengganggu mata pencarian nelayan yang hanya menghandalkan alat tangkap sederhana.

Sebelumnya, nelayan kampung Pasir Ganting Muaro Sakai kenagarian Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. mengeluhkan aktivitas yang dilakukan nelayan dari kecamatan tetangga yang menggunakan pukat harimau ( trawl)

Menjaring dengan menggunakan pukat harimau sangat merugikan nelayan serta berkurangnnya hasil tangkapan yang berdampak pada penghasilan ekonomi.

"Untuk itu dalam waktu dekat larangan memakai pukat harimau segera dikeluarkan agar bila ditemukan kasus serupa akan mudah diproses," pungkasnya.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube