Headline News

header-int

Pessel Ikuti 9 Cabang Pada Ajang MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019 Di Kota Solok

Selasa, 23 Apr 2019, 13:02:28 WIB - 81 | Marlison
Pessel Ikuti 9 Cabang Pada Ajang MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019  Di Kota Solok

Pesisir Selatan-Kabupaten Pesisir Selatan bakal mengikuti 9 cabang yang diperlombakan pada ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 di Kota Solok Juni mendatang. Sebanyak 9 cabang itu sudah dikirim kepada panitia MTQ provinsi 2019. Hal itu dikatakan Kabag Kesra Setdakab Pesisir Selatan, Yoli Aang Sofria, Selasa (23/4) di Painan.

Dikatakan, untuk mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan bulan Juni 2019 di Kota Solok tersebut, pemkab sudah mengalokasikan anggarannya dalam APBD 2019.

Sedangkan qori dan qoriah yang akan bertanding nanti sebanyak 44 orang. Kemudian pada bulan Mei 2019 akan dilaksanakan Training Center (TC) untuk mematangkan kesiapan para qori dan qoriah.

"Kita optimis bisa meraih prestasi yang lebih baik pada MTQ tingkat provinsi yang akan digelar di Kota Solok nanti. Tentu perlu dilakukan persiapan yang maksimal, sekaligus doa dan dukungan dari segenap elemen masyarakat Pessel," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, belakangan ini pemkab terus menghidupkan berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya memaksimalkan fungsi dan pondok-pondok Al-Quran di kecamatan yang ada.

"Pemkab menghidupkan pondok-pondok Al Quran di kecamatan. Dengan demikian diharapkan lahir bibit-bibit qori dan qoriah terbaik untuk mengharumkan nama daerah baik tingkat provinsi maupun nasional nantinya," ucap dia.

Ditambahkan, dengan menggiatkan pondok Al Quran tersebut, selain bertujuan meningkatkan syiar keagamaan juga dapat melahirkan bibit-bibit unggul untuk terjun diajang MTQ yang lebih tinggi. Selanjutnya, qori dan qoriah terbaik akan diterjunkan mewakili Pesisir Selatan pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat hingga nasional.

Menurutnya, selain melahirkan qori dan qoriah terbaik untuk berkompetisi tingkat provinsi, ajang MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap kitab suci Alquran yang diikuti dengan membaca, memahami dan mengamalkannya.

Ia menambahkan, qori dan qoriah yang bertanding di MTQ butuh dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat dan stakeholder lainnya, termasuk perantau. "Kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan stakeholder, termasuk perantau supaya Pessel sukses meraih prestasi terbaik di ajang MTQ Provinsi di Kota Solok nanti," pintanya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube