Headline News

header-int

Pessel Jamin Keamanan Dan Ketersediaan Pangan Melalui Tim Pemantau

, 02 Juni 2017, 15:07:47 WIB - 127 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Painan, Juni 2017 --Guna menjamin kemanan dan ketersediaan pangan di masyarakat selama bulan ramadhan, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turunkan  tim pemantau pangan.

Tim pemantau pangan yang terdiri dari berbagai unsur terkait dengan juga melibatkan pihak Kepolisian, Satpol PP, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunan, serta Dinas Pangan itu sendiri,  melakukan peninjauan dan pemeriksaan keseluruh pasar-pasar tradisional yang ada.

Sekretaris  Dinas Pangan Pessel, Alfis Basir  dengan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Keamanan Pangan,  Agustina Ramadhani mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Jumat (2/6) bahwa daerah itu akan terus berupaya maksimal memberikan jaminan kemananan pangan yang layak dikonsumsi serta juga ketersediaan pangan bagi masyarakatnya, selama bulan ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah nanti.

" Untuk memastikan kelayakan dan ketersediaan pangan itu benar-benar terjamin dan tercapai, sehingga kita dari tim pemantau akan turun langsung ke lapangan. Tim pemantau ini merupakan gabungan dari berbagai unsur yang terdiri dari Kepolisian, Satpol PP,  Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunan, serta dari dinas pangan sendiri," ujarnya.

Dijelaskanya bahwa yang dilakukan pemantauan itu adalah jenis kebutuhan berupa sembako, baik yang berasal dari hasil produksi petani jenis sayuran, maupun yang berasal dari produksi industri.

" Berbagai jenis kebutuhan itu dilakukan pemeriksaan kelayakan untuk dikonsumsi. Sebab bisa saja oknum yang ingin mencari keuntungan menggunakan zat pengawet yang berbahaya pada jajanan atau makanan yang mereka jual," ujarnya.

Pemeriksaan itu juga disejalankan dengan pemantauan ketersediaan berbagai kebutuhan sembako.

" Sebab tim yang turun itu, melibatkan dari berbagai unsur terkait," ungkapnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube