Headline News

header-int

Pessel Menuju Kabupaten Sehat

Rabu, 17 Juli 2019, 08:01:35 WIB - 120 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pessel Menuju Kabupaten Sehat

Pesisir Selatan --Pada tahun 2019 Dinkes Pessel akan berusaha keras agar bisa meraih prestasi tertinggi dalam hal Pembangunan Berwawasan Kesehatan Wistara ( Kabupaten Sehat ).

Kepala Dinas Kesehatan Pessel Satria Wibawa Selasa(16/7) mengungkapan Ini meliputi beberapa kriteria yaitu, Perhubungan Sehat, Pembangunan Pemukiman Sehat, Pariwisata Sehat, Pangan yang Bergizi, Kehidupan masyarakat yang sehat dan sehat, serta Tatanan sosial yang sehat, dan  6 kriteria ini akan laksanakan diseluruh OPD, yang ada di Kabupaten Pessel.

" Bukan saja ditingkat OPD, Kabupaten Sehat ini juga berlaku hingga tingkat Kecamatan dan Nagari," ungkap Sekretaris Dinkes Pessel.

Dan sejauh ini sudah ada 130 Nagari telah melaksanakan program Nagari Sehat, sesuai dengan 6 kriteria tersebut. Dalam bulan November bertepatan Hari Kesehatan Nasional akan dilakukan pengumuman Wistara.

" Kita, akan usahakan Pessel meraih Wistara,".

Sedangkan untuk program  " ODF " (bebas buang air sembarangan ) 100 0 100 %. Dengan dimaksud program 100 adalah stop buang air besar sembarangan, 0 adalah bebas pemukiman kumuh dan 100 % adalah Air Minum Bersih. Dan, dari 182 Nagari yang ada 41 Nagari telah melaksanakan program ODF. 

" Untuk di Sumbar, Kabupaten Pessel memiliki Nagari telah banyak sudah ODF, " Katanya lagi

Ditambahkannya sekarang ini sedang dilakukan penilaian kepada kecamatan untuk bisa menjadi Kabupaten sehat. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube