Headline News

header-int

PESSEL PEROLEH DANA PNPM RP36 M TAHUN 2013

, 17 Januari 2013, 04:07:00 WIB - 294 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, Januari 2013


Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebesar Rp36,250 miliar dari pemerintah pusat pada tahun 2013,

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagari KB dan Perempuan Pesisir Selatan, Mawardi Roska, di Painan, kemarin mengatakan, sebanyak Rp32,250 miliar diantaranya untuk PNPM Mandiri Perdesaan dan Rp4 miliar bagi PNPM Integrasi.

"Sebanyak Rp36,250 miliar tersebut termasuk dana pendamping dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten yakni sebesar Rp2,650 miliar. Alokasi dana PNPM untuk kabupaten ini, terbesar diantara kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat, pada tahun ini," ungkap ia.

Pelaksanaan PNPM di kabupaten itu menunjukan hasil yang cukup baik dan mampu menyerap partisipasi serta swadaya masyarakat bagi pembangunan selama ini sehingga nilai PNPM menjadi lebih besar serta sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Kini kabupaten itu akan melaksanakan perencanaan pembangunan tahun 2014, hal itu ditandai dengan penggalian gagasan di tingkat kampung yang dimulai pada Januari 2013.
Menurut ia, baiknya pelaksanaan berbagai kegiatan dari PNPM pada tahun-tahun sebelumnya termasuk pada tahun 2012 tentu saja tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama pelaku PNPM itu sendiri yang telah melaksanakan sesuai aturan dan mekanisme yang ada.

Dari 82 kegiatan fisik PNPM tahun 2012, sebanyak 79 diantaranya berhasil diselesaikan dengan baik. Khusus dana simpan pinjam perempuan (SPP) capaian pengembaliannya rata-rata sebesar 94 persen. Kata ia, keberlanjutan PNPM di kabupaten itu masih membutuhkan penanganan yang sistematis, pemikiran dan kontribusi dari pelaku PNPM itu sendiri, lembaga aspirasi masyarakat serta praktisi pemberdayaan masyarakat.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube